Orang Tua Harus Tahu!! Dampak Anak Masuk Sekolah Dasar di Usia yang Masih Dini

Orang Tua Harus Tahu!! Dampak Anak Masuk Sekolah Dasar di Usia yang Masih Dini

Orang Tua Harus Tahu!! Dampak Anak Masuk Sekolah Dasar di Usia yang Masih Dini-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Masuk sekolah marupakan salah satu langkah untuk menciptakan generasi yang lebih baik dengan pendidikan.

Sekolah di mulai dari sekolah dasar yang paling umum di mulai, pada sekolah dasar kini sudah ada syarat khusus seperti Tes Baca Tulis dan Berhitung (Calistung).

BACA JUGA:3 Kebiasaan Penyebab Tidak Jadi Kaya, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan

Sekarang pemerintah telah membuat peraturan dimana untuk masuk sekolah dasar minimal berumur 7 thn.

Aturan yang dibuat oleh pemerintah ini, di dasari atas kematangan pola pikir dan kesiapan anak-anak untuk menerima segala pembelajan.

Kebijakan baru di tahun 2023 ini, membuat orang tua telah mendapat solusi. Sebab tahun-tahun sebelumnya, anak-anak tidak di ajarkan Calistung saat duduk di bangku TK, namun harus sudah bisa Calistung dan menjadi syarat untuk masuk sekolah SD.

Menurut salah seorang psikologi, dengan penghapusan tes calistung untuk masuk ke bangku sekolah dasarjangan menjadikan orang tua tidak menyekolahkan anak ke TK. Sebab sekolah dasar memberikan materi yang diperuntukan untuk usia anak 6 atau 7 thn.

BACA JUGA:Jadi, Ini Cara Melihat Pesan yang Sudah Dihapus di WhatsApp

Nuha Wati, seorang psikologi di dunia pendidikan anak yang berada di Banten, mengungkapkan terdapat sebanyak 5 penyesalan yang ditemui anak-anak terlalu muda saat masuk SD.

Memang tidak semua anak mengalami hal tersebut, tetapi sebagian anak mengalaminya.

1. Alami Kesulitan Interaksi Sosial, hal ini diakibatkan karena adanya pembulian yang bisa saja di lakukan oleh kawan kelasnya yang lebih dewasa. Hal ini akan mengakibatkan anak tersebut akan sulit bersosialisasi dengan lingkungan dan memiliki trauma.

2. Kurang Fokus dan Konsentrasi, pola fikir yang masih pendek dan belum matang membuat anak akan sulit untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap yang sedang dilakukan.

3. Nampak Kognotif di awal namun menurun beriring dengan semakin tinggi kelas.

4. Mudah Anxiety. Adanya perlakuan yang tidak sesuai dengan usianya akan membuat anak-anak merasa cemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: