Beginilah Reaksi Warga Bengkulu Saat Mendapatkan Berita Proklamasi Kemerdakaan RI

Beginilah Reaksi Warga Bengkulu Saat Mendapatkan Berita Proklamasi Kemerdakaan RI

Pembacaan proklamasi oleh Presiden RI Ir. Soekarno-Istimewa-wikipedia

RADARMUKOMUKO.COM - 17 Agustus 1945 merupakan hari yang sangat bersejarah nahi masyarakat Indonesia. Jari tersebut, merupakan hari dimana hilangnya penjajahan dan siksaan dari para penjajah yang sudah menjajah tanah air selama berabad-abad.

Berita Proklamasi republik Indonesia pun tersebar ke seluruh wilayah di Penjuru negeri Dan sekaligus disambut hangat oleh para masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Menjadi Planet Terdekat Dengan Matahari Namun Tidak Menjadikan Merkurius Sebagai Planet Terpanas, Mengapa?

Tak hanya itu, setiap daerah pun menunjukkan reaksi mereka atas pengumuman proklamasi republik Indonesia tersebut dengan berbagai cara. Tak terkecuali masyarakat Bengkulu.

Masyarakat Bengkulu termasuk ke dalam masyarakat yang ikut gembira menyambut berita proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.

Masyarakat Bengkulu juga menerima kabar proklamasi tersebut, berbondong-bondong menyambut dengan penuh semangat kemerdekaan republik Indonesia.

Saat itu berawal, berita tentang proklamasi yang dibacakan oleh presiden pertama republik Indonesia sekaligus bapak Proklamator Soekarno yang dilakukan di Jakarta secara cepat menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:Suku Minang Dinobatkan Sebagai Masyarakat Dengan Penganut Matrilienal Terbesar Di Dunia

Di Bengkulu sendiri, kabar tersebut datang secara tidak serempak. Namun, berita proklamasi tersebut telah beredar dari mulut ke mulut sejak minggu ke empat di bulan Agustus 1945.

Meskipun berita proklamasi telah beredar di seluruh Penjuru wilayah Bengkulu, masyarakat malah masih kebingungan terkait dengan kebenaran kabar tersebut.

Barulah, Ketika berita tersebut Terverifikasi, masyarakat Bengkulu pun meluapkan Kegembiraan dan kesenangan membentuk kelompok kelompok dengan menjunjung pemimpin mereka sendiri sendiri.

BACA JUGA:Yuk Bernostalgia dengan Game Flappy Bird. Game Lawas yang Hilang Karena Kesuksesannya

Setelah kabar tersebut secara cepat menyebar ke berbagai pelosok di Bengkulu yang menjadikan semangat mereka kian bertambah untuk mengusir sisa sisa kolonial.

Termasuk di dalamnya berbagai elemen masyarakat Bengkulu menyiapkan kebutuhan kebutuhan guna mengantisipasi adanya serangan dari penjajah.z

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: