KB Mukomuko Racik Daun Kelor jadi Menu Bergizi, Raih Rekor Nasional Cegah Stunting

KB Mukomuko Racik Daun Kelor jadi Menu Bergizi, Raih Rekor Nasional Cegah Stunting

KB Mukomuko Racik Daun Kelor jadi Menu Bergizi, Raih Rekor Nasional Cegah Stunting-Istimewa-radarmukomuko.com

Daun Kelor Baik untuk Kesehatan, Bikin Bergairah dan Awet Muda

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Gulai manis daun kelor hasil racikan Dapur Sehat (Dashat) Kampung KB di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu masuk nominasi tiga besar nasional, sebagai menu bergizi seimbang dan dapat mencegah stunting sejak dini. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Mukomuko Junharto, SKM kepada radarmukomuko.com, Kamis, 18 Januari 2023.  

Nominasi tiga besar nasional tersebut diraih pada kompetisi kreasi menu sarapan bergizi seimbang untuk mendukung pemenuhan gizi keluarga di momen peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29  di Kota Medan, Sumatera Utara pada Juni 2022 lalu.   

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Restui Abdianto Jabat Sekda Mukomuko, Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Tawuran Pelajar SMAN 13 Mukomuko Karena Hal Sepele, Begini Ceritanya


Ketua TP-PKK Mukomuko dan Kepala DP2KBP3A--

‘’Gulai manis daun kelor ini, hasil racikan dapur sehat kader Kampung KB Pondok Lunang bekerjasama dengan TP PKK Mukomuko. Menu ini ditampilkan pada kegiatan kompetisi kreasi menu bergizi seimbang dalam rangka Harganas ke 29 di Medan pada Juni lalu,’’ ungkap Junharto.   

Menu dengan bahan baku utama daun kelor yang diracik dengan adonan sederhana dan murah meriah tersebut, ternyata menjadi salah satu makanan pilihan yang mengandung asupan gizi tinggi. 

Lebih fokus lagi, bagi yang mengonsumsi menu daun kelor secara rutin dan teratur, dapat mencegah stunting sejak dini. Di samping itu, daun kelor juga dipercaya sebagai tanaman antibodi yang cukup baik untuk kesehatan. Dapat menambah stamina, percaya diri dan bisa bikin awet muda. 

‘’Daun kelor mengandung banyak khasiat. Maka dari itu, diracik menjadi menu pilihan yang dapat mencegah stunting,’’ imbuhnya. 

Adapun bahan pangan untuk membuat gulai manis daun kelor hingga menjadi enak dikonsumsi. Diantaranya, beras 1 gelas kecil, 1 butir telur, 1 buah tahu, daun kelor 1 mangkok, 1 buah wortel, santan kelapa 300 cc, 1 buah jeruk manis. 

Dikatakan Junharto, untuk pembuatan menu ini tidak mahal. Hanya dengan modal sekitar Rp29,5 ribu cukup untuk satu keluarga berencana, terdiri dari ayah ibu dan 2 anak. 

‘’Dapat dihitung, untuk menu satu keluarga kecil, modalnya kurang dari Rp30 ribu,’’ paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: