Heboh, Raja Arab Saudi Tetapkan Aturan Baru Melarang Siswi Pakai Abaya dan Hijab Saat Ujian Sekolah

Heboh, Raja Arab Saudi Tetapkan Aturan Baru Melarang Siswi Pakai Abaya dan Hijab Saat Ujian Sekolah

Heboh, Raja Arab Saudi Tetapkan Aturan Baru Melarang Siswi Pakai Abaya dan Hijab Saat Ujian Sekolah --detik.com

INTERNASIONAL, RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Arab Saudi melalui Kementrian Pendidikan dan Komisi Evaluasi dan Pelatihan menetapkan aturan baru. Yaitu, larangan mengenakan abaya atau baju kurung kepada siswi saat melaksanakan ujian sekolah.

Pemerintah menyatakan bahwa para siswa perempuan diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sesuai dengan aturan demi menjaga kesopanan publik di ruang ujian. 

BACA JUGA:2023, ASN Mukomuko Wajib Perkuat Fisik?

Badan itu kemudian meminta para murid mengenakan seragam sekolah kala ujian berlangsung.

“Penting untuk mematuhi pakaian yang sesuai dengan aturan untuk menjaga kesopanan publik di ruang ujian.

BACA JUGA:Dana BLT BBM Rp 100 Juta, Tidak Disarlurkan Dinas

Mengingat bahwa dilarang mengenakan abaya pada saat ujian”. Tulis Kementrian Pendidikan dan Komisi Evaluasi dan Pelatihan Arab Saudi atau ETEC dalam cuitan mereka di Twitter.

Pemerintah Arab Saudi mengungkapkan alasan aturan baru itu dibuat. Alasannya adalah bahwa seluruh pakaian yang dikenakan siswa harus selaras dengan aturan kesopanan publik di Arab Saudi.

Sekedar info, Abaya sejak lama memang sudah tidak diberlakukan secara umum di Riyadh. Pada tahun 2018, negara yang dipimpin oleh Raja Salman itu hanya membolehkan perempuan tak memakai abaya maupun hijab selama masih berpakaian dengan sopan. 

BACA JUGA:Pengrajin Dilatih Mengolah Limbah Perca jadi Produk Menarik

Baju tradisional itu sendiri selama ini hanya dikenal sebagai pakaian yang dinilai sesuai syariat Islam untuk perempuan.

“Keputusan sepenuhnya diserahkan kepada perempuan untuk diserahkan kepada perempuan untuk memutuskan jenis pakaian yang layak dan terhormat yang dia pilih untuk dikenakan” kata pemerintah kala itu.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi PIID PEL Makin Ramai, Seret 4 Tersangka

Meski sudah tidak diberlakukan secara umum, sejumlah perempuan di sana  hingga saat ini masih ada yang senang menggunakannya. Abaya yang digunakan saat ini pun tidak lagi berwarna hitam seperti sejak awal kepopulerannya. Baju kurung tersebut kini mudah dijumpai dengan berbagai warna cerah di beberapa wilayah yang ada di kerajaan Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: