Pengrajin Dilatih Mengolah Limbah Perca jadi Produk Menarik

Pengrajin Dilatih Mengolah Limbah Perca jadi Produk Menarik

Pengrajin Dilatih Mengolah Limbah Perca jadi Produk Menarik--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Puluhan pengrajin di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu diberi pelatihan dalam pemanfaatan dan pengolahan limbah kain perca untuk dijadikan sebuah produk menarik. 

Pelatihan pemanfaatan perca dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengrajin ini dimotori Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Mukomuko. Digelar selama dua hari, Selasa hingga Rabu ini, di Hotel Madiyara, Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko. Selama pelatihan, para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dibimbing oleh tenaga profesional asal Jakarta.  

BACA JUGA:Tambah Stamina, Montaji Sikuning Tanpa Biji

‘’Pelatihan ini bagian dari peningkatan kapasitas dan SDM pengrajin dalam pemanfaatan limbah kain perca menjadi barang produksi menarik,’’ ungkap Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi, ST., MT. 

Dikatakan Ruri, pada pelatihan ini para peserta juga mendapatkan bimbingan dalam menciptakan inovasi produk dari bahan baku kain perca. Mulai dari cara mendesain, sampai ke teknik merancang kain perca menjadi produk yang diminati. 

BACA JUGA:Dugaan Korupsi PIID PEL Makin Ramai, Seret 4 Tersangka

‘’Peserta pelatihan, dari pelaku IKM dan perwakilan dari TP PKK. Nanti peserta juga diajari cara mendesain hingga jenis produk yang bisa menggunakan kain perca,’’ ulasnya. 

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Mukomuko, H. Bustari Maler, M.Hum mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan pelatihan perca. Ia berharap, melalui pelatihan ini dapat menghasilkan pelaku IKM yang bergerak dalam pengolahan limbah perca yang mampu menembus bangsa pasar. 

BACA JUGA:Begini, Budidaya Magot Merubah Sampah Menjadi Lembaran Uang

‘’Semoga ilmu yang didapatkan dalam praktek ini dapat dipraktek. Semoga para pengrajin kain perca di daerah terus tumbuh dan berkembang,’’ demikian Bustari. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: