Kecamatan di Mukomuko Bakal Dapat Dana Tambahan Ratusan Juta, Ini Ketentuannya !

Kecamatan di Mukomuko Bakal Dapat Dana Tambahan Ratusan Juta, Ini Ketentuannya !

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah kecamatan di Kabupaten Mukomuko dengan kriteria kinerja terbaik, bakal mendapatkan suntikan dana tambahan di 2023. Nilainya lumayan, mulai dari puluhan hingga ratusan juta.

Ketentuan ini tertuang dalam surat pernyataan Nomor 900/ 203/B.1/XII/2022 yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten Mukomuko pada tanggal 15 Desember 2022.

Dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si selaku Pelaksana Harian Sekda Mukomuko dan diketahui langsung oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri tersebut. Menerangkan bahwa penghargaan berupa penambahan pendanaan untuk kecamatan kinerja terbaik akan diakomodir pada APBD Perubahan tahun 2023. 

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdakab Mukomuko, Nasuhanto, SSTP membenarkan hal tersebut. Dikatakan Nasuhanto, tambahan pendanaan bagi kecamatan dengan kriteria kinerja terbaik, dapat digunakan untuk program penunjang urusan pemerintah daerah dan kegiatan pengadaan barang milik daerah penunjang urusan pemerintah daerah.  

‘’Penambahan pendaan khusus kepada kecamatan penerima anugerah kinerja terbaik di tahun 2022,’’ ungkap Nasuhanto, Jum’at, 16 Desember 2022. 

Anugerah Kecamatan Kinerja Terbaik 2021

Mencermati Pasal 33 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Mukomuko Nomor 100-649 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Kecamatan di Lingkungan Pemkab Mukomuko. 

Pada tahun 2022 ini, Tim EKK telah melaksanakan penilaian terhadap kinerja pemerintah kecamatan di 15 kecamatan. 

Dikatakan Nasuhanto, dari hasil penilaian EKK, Bupati Mukomuko telah menerbitkan surat keputusan dan menetapkan 3 kecamatan kinerja terbaik. Juara 1 kinerja terbaik Kecamatan Ipuh, juara 2 Kecamatan Teramang Jaya dan juara 3 Kecamatan Air Dikit. 

Masing-masing kecamatan ini mendapat piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan dari Pemkab Mukomuko. 

‘’Piagam penghargaan untuk 3 kecamatan pemenang, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Mukomuko dalam acara anugerah kinerja terbaik yang digelar di Bappelitbang pada Kamis tanggal 15 Desember kemarin,’’ paparnya. 

Secara rinci, juara 1 Kecamatan Ipuh meraih penghargaan berpa tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta termasuk pajak. Juara 2 Kecamatan Teramang Jaya mendapat trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 2,5 juta termasuk pajak. Kemudian juara 3 Kecamatan Air Dikit, mendapat trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan Rp. 2 juta termasuk pajak. 

Adapun acara anugerah kecamatan terbaik ini dihadiri Plh Sekda Mukomuko, para asisten, kepala OPD serta camat, kepala bagian Setdakab dan Ketua Apdesi Kabupaten Mukomuko. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: