Kecamatan Monev Laporan Keuangan Desa Lubuk Gedang

Kecamatan Monev Laporan Keuangan Desa Lubuk Gedang

--

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM - Tim monitoring dan evaluasi (Monev) pengelolaan keuangan desa Kecamatan Lubuk Pinang, melaksanakan monitoring dan evaluasi di Desa Lubuk Pinang. Adapun yang di evaluasi yaitu pengelolaan keuangan dana dana desa tahap dua, mulai dari surat pertanggungjawaban hingga administrasi lainnya. Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE mengatakan, kegiatan monev ini bertujuan meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan keuangan desa yang lebih efektif, efisien, partisipatif dan akuntabel.

Jika ada terdapat kesalahan atau kekurangan dalam pelaporan keuangan pemerintah desa bisa melakukan perbaikan atau melengkapinya. Sehingga dana desa yang dikeluarkan pemerintah desa, baik untuk kegiatan fisik maupun non fisik selaras dengan laporan keuangannya.

''Kegiatan monev ini bukannya mengaudit dana desa, tapi mengevaluasi dan monitoring. Mana yang kurang atau salah itu yang harus diperbaiki oleh desa. Untuk Desa Lubuk Gedang sudah sangat bagus progres laporan keuangannya, begitu juga dengan kegiatan fisiknya,'' ungkap Camat.

Sementara itu Kepala Desa Lubuk Gedang, Yunna Asuardi, mengapreasiasi dan mendukung Monev yang dilaksanakan Tim Monev Kecamatan Lubuk Pinang. Bahkan ia mengharapkan kegiatan ini intensif dilakukan agar desa dapat maju dalam bidang administrasi. Baik itu di Desa Lubuk Gedang maupun di desa lainnya yang ada di wilayah Lubuk Pinang. Untuk itu ia menegaskan pada perangkatnya, agar dapat melaksanakan tugas dengan amanah dan sesuai aturan yang ada. Terutama kaur keuangan atau bendahara desa harus teliti dalam pelaporan keuangan desa.

''Alhamdulillah, berdasarkan hasil monev yang dilakukan kecamatan laporan keuangan desa kita sudah cukup baik. Semoga kedepannya administrasi di desa ini bisa lebih baik setelah adanya monev ini. Kami juga mengucapkan terimakasih pada kecamatan maupun pendamping desa yang selalu mendampingi desa,'' tutup Kades. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: