Masih Bingung Perbedaan Coorperat dan Start Up? Yuk Simak Penjelasan Perbedaan Keduanya

Senin 16-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Dalam lanskap bisnis modern, kita sering mendengar istilah "corporate" dan "startup". 

Kedua istilah ini seringkali di dengar? Namun tahukah kalian apakah perbedaan keduanya?

Kedua istilah tersebut memang memiliki entitas terhadap dunia bisnis. Namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Lantas apa perbedaannya? Berikut ini berbagai perbedaan coporate dan start up.

1. Struktur Organisasi

Corporate: Perusahaan besar umumnya memiliki struktur organisasi yang kompleks dan hierarkis. Terdapat banyak tingkatan manajemen, departemen yang terspesialisasi, dan prosedur formal yang harus diikuti.

BACA JUGA:Pengamat Syaiful Anwar AB: Pembangunan Kabupaten Mukomuko Era Bupati Sapuan Mulai dari Pinggir

BACA JUGA:Siswa SDIT Nurul Ilmi Lubuk Pinang Mukomuko Raih 2 Gelar Juara di Olimpiade Bahasa Arab Tahun 2024

Startup: Startup cenderung memiliki struktur yang lebih datar dan fleksibel. Tim kecil dengan peran yang sering tumpang tindih adalah hal yang umum. Pengambilan keputusan biasanya lebih cepat dan kurang birokratis.

2. Budaya Kerja

Corporate: Budaya kerja di perusahaan besar cenderung lebih formal. Ada dress code tertentu, jam kerja yang tetap, dan protokol komunikasi yang lebih rigid.

Startup: Startup sering kali memiliki budaya kerja yang lebih santai dan informal. Fleksibilitas dalam jam kerja, dress code yang lebih rileks, dan komunikasi yang lebih terbuka adalah ciri khasnya.

3. Inovasi dan Pengambilan Risiko

Corporate: Perusahaan besar cenderung lebih konservatif dalam inovasi dan pengambilan risiko. Perubahan biasanya terjadi secara bertahap untuk meminimalkan risiko terhadap bisnis yang sudah mapan.

Startup: Startup dikenal dengan keberaniannya dalam berinovasi dan mengambil risiko. Mereka sering kali mencoba ide-ide baru dan disruptif, bahkan jika itu berarti mengambil risiko yang lebih besar.

Kategori :