Ingin Anak Sehat dan Cerdas? Hindari Memberikan Teh! Ini Alasan Mengapa dan Alternatif Minuman yang Lebih Baik

Ingin Anak Sehat dan Cerdas? Hindari Memberikan Teh! Ini Alasan Mengapa dan Alternatif Minuman yang Lebih Baik

Ingin Anak Sehat dan Cerdas? Hindari Memberikan Teh! Ini Alasan Mengapa dan Alternatif Minuman yang Lebih Baik--Sumber Foto : Alodokter

RMONLINE.ID – Beberapa waktu terakhir, jagat media sosial dihebohkan oleh sebuah imbauan yang viral. Imbauan ini menyarankan para orang tua untuk tidak memberikan teh kepada anak-anak mereka. Lantas, apa alasan di balik viralnya imbauan tersebut dan apa dampaknya bagi tumbuh kembang anak?

Salah satu alasan utama yang membuat imbauan ini viral adalah kandungan kafein dalam teh. Kafein diketahui dapat memengaruhi sistem saraf pusat. Pada orang dewasa, kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, pada anak-anak, konsumsi kafein berlebih dapat menyebabkan hiperaktif, sulit tidur, dan gangguan konsentrasi.

Selain kafein, kandungan tanin dalam teh juga menjadi perhatian. Tanin dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Padahal, zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, kulit pucat, dan mudah lelah.

BACA JUGA:Resep Teluyam, Olahan Tradisional yang Bikin Keluarga Pengen Nambah

BACA JUGA:Hidangan Gurih yang Mengubah Selera, Begini Resep Membuat Nasi Menok

Konsumsi teh secara teratur oleh anak-anak juga dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang. Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan tulang. Namun, kafein dalam teh dapat meningkatkan ekskresi kalsium melalui urin, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tulang pada anak.

Para ahli gizi sepakat bahwa konsumsi teh oleh anak-anak sebaiknya dibatasi. Dokter spesialis anak, [Nama Dokter], mengatakan, “Meskipun teh memiliki banyak manfaat kesehatan, namun untuk anak-anak, sebaiknya kita lebih berhati-hati. Batasi konsumsi teh, terutama pada anak di bawah usia 10 tahun.”

Jika Anda ingin memberikan anak Anda minuman yang sehat, ada banyak pilihan lain yang lebih baik. Air putih adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa memberikan jus buah segar tanpa tambahan gula, susu, atau teh herbal tanpa kafein.

BACA JUGA:Bak di Luar Negeri, Inilah Keindahan Alam Ranu Kumbolo yang Memukau

BACA JUGA:Daftar Makanan dan Minuman yang Tinggi Frukota, Pengidap Diabetes Wajib Waspada

Sebelum memutuskan untuk memberikan jenis minuman tertentu pada anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak. Dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan usia anak Anda.

Imbauan untuk tidak memberikan teh pada anak memang perlu diperhatikan. Kandungan kafein dan tanin dalam teh dapat berdampak negatif pada kesehatan anak, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita perlu bijak dalam memilih minuman untuk anak-anak kita.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: