Hati-Hati! Inilah 7 Tanda Seseorang Hanya Ingin Mencari Perhatian dan Pengakuan dari Anda

Hati-Hati! Inilah 7 Tanda Seseorang Hanya Ingin Mencari Perhatian dan Pengakuan dari Anda

Hati-Hati! Inilah 7 Tanda Seseorang Hanya Ingin Mencari Perhatian dan Pengakuan dari Anda--Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID – Dalam interaksi sosial sehari-hari, kita mungkin pernah bertemu dengan individu yang tampak selalu berusaha mencari perhatian atau pengakuan dari orang lain. Perilaku ini sering disebut sebagai “cari muka”. Namun, apa sebenarnya yang mendorong seseorang untuk berperilaku demikian? Psikologi memberikan beberapa wawasan mengenai ciri-ciri dan motivasi di balik perilaku cari muka.

1. Selalu Ingin Menjadi Pusat Perhatian

Individu yang suka cari muka cenderung memiliki hasrat kuat untuk menjadi pusat perhatian. Mereka akan melakukan berbagai cara, baik secara verbal maupun nonverbal, untuk memastikan bahwa mereka diperhatikan oleh orang-orang di sekitar mereka. Ini bisa termasuk berbicara dengan suara keras, berpakaian mencolok, atau bahkan melakukan tindakan yang kontroversial.

BACA JUGA:Merasa Bosan dan Jenuh? Begini Tips dan Trik Mengatasinya, Mulai Rubah Kebiasaan Hingga Temukan Hal Baru

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Keong Sawah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Sering Memuji Orang Lain Secara Berlebihan

Salah satu taktik umum yang digunakan oleh orang yang suka cari muka adalah memberikan pujian yang berlebihan kepada orang lain, terutama kepada mereka yang memiliki status atau pengaruh yang lebih tinggi. Pujian ini mungkin tidak selalu tulus, melainkan bertujuan untuk mendapatkan simpati atau pengakuan dari orang yang dipuji.

3. Cenderung Melebih-lebihkan Prestasi Diri

Individu yang suka cari muka cenderung memiliki kecenderungan untuk melebih-lebihkan prestasi atau pencapaian mereka sendiri. Mereka mungkin akan menceritakan kisah-kisah sukses mereka secara berulang-ulang atau bahkan mengarang cerita yang tidak benar demi mendapatkan kekaguman dari orang lain.

4. Sangat Sensitif Terhadap Kritik

Orang yang suka cari muka biasanya sangat sensitif terhadap kritik atau umpan balik negatif. Mereka mungkin akan merasa tersinggung atau marah jika ada orang yang mengkritik mereka, bahkan jika kritik tersebut membangun dan bertujuan baik.

BACA JUGA:Keindahan Alam Pulau Senggigi, Bukti Keindahan Alam Indonesia yang Menakjubkan

BACA JUGA:Tips Membuat Tempe Bacem yang Legitnya Bikin Ketagihan, Justru Kuncinya Bukan Pakai Kecap

5. Sering Mencari Validasi dari Orang Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: