4 Alasan Kenapa Seseorang Lebih Suka Diam Ketika Marah, Apakah Itu Dirimu?

4 Alasan Kenapa Seseorang Lebih Suka Diam Ketika Marah, Apakah Itu Dirimu?

4 Alasan Kenapa Seseorang Lebih Suka Diam Ketika Marah, Apakah Itu Dirimu?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

Dalam sebuah artikel di Psychology Today, psikolog Dr. Guy Winch menyebutkan bahwa orang yang mengambil waktu untuk merenung sering kali mampu mengelola kemarahan mereka dengan lebih efektif.

3. Takut Menyakiti Perasaan Orang Lain

Orang yang memilih diam saat marah sering kali melakukannya karena mereka takut menyakiti perasaan orang lain. Mereka mungkin memahami bahwa kata-kata yang diucapkan dalam kemarahan bisa sangat tajam dan sulit untuk ditarik kembali. 

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu! Jenis Jeruk Satu Ini Punya Banyak Manfaat Lho, Ayok Simak Sekarang

BACA JUGA:6 Jenis Kandungan Makanan Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria

Oleh karena itu, diam menjadi pilihan yang dianggap lebih aman, terutama jika mereka menghargai hubungan dengan orang yang membuat mereka marah. 

Dalam konteks ini, diam adalah bentuk perlindungan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

4. Tidak Terbiasa Mengekspresikan Emosi

Sebagian orang memang tidak terbiasa atau merasa tidak nyaman untuk mengekspresikan emosi mereka secara langsung. Ini bisa disebabkan oleh pola asuh, budaya, atau pengalaman hidup sebelumnya. 

Orang yang tumbuh di lingkungan di mana emosi tidak dibicarakan secara terbuka mungkin lebih cenderung untuk menahan perasaan mereka dan memilih untuk diam. 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, ditemukan bahwa individu yang tidak terbiasa mengekspresikan emosi lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: