Mengungkap Kisah Sejarah Mukomuko, Berikut Kelompok Penghuni Pertamanya

Mengungkap Kisah Sejarah Mukomuko, Berikut Kelompok Penghuni Pertamanya

Mengungkap Kisah Sejarah Mukomuko, Berikut Kelompok Penghuni Pertamanya -Istimewa-rmonline.id

Daerah yang kemudian bernama Mukomuko merupakan daerah hilir, sedangkan Kerinci merupakan daerah hulunya. Kedekatan geografis ini tentunya juga terkait dengan kedekatan historis. 

Hubungan dagang sebagaimana disuratkan dalam versi pertama, serta hubungan politik sebagaimana disuratkan dalam versi kedua sejarah asal nama Mukomuko di atas menunjukkan tautan historis.

Perbedaan kedua versi tersebut di atas terletak pada waktu terjadinya peristiwa, yaitu peristiwa disepakatinya nama Mukomuko. 

Versi pertama sejarah asal nama Mukomuko tidak menunjuk angka tahun, sedangkan versi kedua menunjuk waktu yang tertentu, yaitu hari Senin, bulan Maret, tahun 1529. 

Selain itu, perbedaan juga tampak antara lain bahwa pada versi pertama tidak tersurat Indrapura, sedangkan pada versi kedua tersurat Indrapura. 

Dalam versi kedua jelas adanya pengaruh kekuasaan, pengaruh politik Indrapura pada wilayah yang kemudian bernama Mukomuko.

Agaknya, versi pertama lebih tua daripada versi kedua. Munculnya Indrapura dalam versi kedua mengindikasikan konteks situasi yang lebih kemudian daripada yang dimaksudkan dalam versi pertama. 

Ini berarti bahwa sangat mungkin istilah Mukomuko sudah digunakan jauh sebelum tahun 1529. Dengan demikian, sejarah asal nama Mukomuko dapat dikembalikan ke abad sebelumnya, abad-abad XIV atau bahkan XIII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: