Kenapa Pelukan Dapat Memberi Kita Rasa Nyaman dan Aman? Begini Kata Ahli

Kenapa Pelukan Dapat Memberi Kita Rasa Nyaman dan Aman? Begini Kata Ahli

Kenapa Pelukan Dapat Memberi Kita Rasa Nyaman dan Aman? Begini Kata Ahli-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Apakah kamu seringkali suka berpelukan dengan orang terkasih?

Contohnya dengan pasangan, dengan ibuk atau ayah? 

Jika iya, maka jangan hentikan kebiasaan ini. Karena ada banyak sekali manfaat yang bakal diperoleh saat kamu berpelukan, baik itu manfaat bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa berpelukan bisa membuat seseorang merasa senang dan mengurangi rasa kesepian.

Hal tersebut disebabkan karena ketika berpelukan, tubuh aka melepaskan hormon oksitosin, hormon dopamin, serta memberikan kebahagiaan.

BACA JUGA:Rahasia Bihun Goreng Super Kenyal: Tanpa Rebus, dan Tidak Putus

BACA JUGA:Resep Sederhana Cilok Ayam, Gurih dan Empuk Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Menurut Krista Jordan, seorang terapis pasangan, berpelukan dapat memicu pelepasan oksitosin, hormon yang dapat meningkat ketika kamu melakukan kontak fisik lewat memeluk atau mencium orang yang disayangi.

"Oksitosin adalah hormon yang dapat membantu Anda merasa lebih dekat, terhubung, dan aman. Oksitosin juga merupakan pereda nyeri, sehingga secara harfiah dapat membuat kita merasa lebih nyaman secara fisik," ujar Krista mengutip Elite Daily, Jumat.

"Hormon oksitosin pun secara alami dapat dilepaskan selama menyusui untuk membantu ikatan ibu dengan bayinya. Kita juga melepaskannya selama sentuhan fisik yang positif dan selama orgasme," tambahnya. 

Sedangkan pendapat selaras soal manfaat berpelukan disampaikan oleh relationship scientist, Dr Marisa Cohen. Menurutnya, berpelukan dapat mengurangi stres dan mendorong terjadinya pernapasan secara alami.

"Bersentuhan itu punya kekuatan. Tidak hanya mengurangi perasaan negatif, tetapi juga mengarahkan Anda pada pengalaman yang positif dan penuh kasih. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa sentuhan dapat mengurangi stres dan reaktivitas terhadap stres," ujar Marisa. Lebih lanjut Marisa mengungkapkan bahwa pelukan juga bisa meningkatkan perasaan aman dan kepercayaan. 

Hal tersebut lantaran lewat sebuah pelukan, perasaan cinta dapat lebih tersampaikan dan membentuk koneksi antara satu sama lain.

BACA JUGA:Resep Sederhana Cilok Ayam, Gurih dan Empuk Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: