Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, Destinasi Wisata Religi Yang Mesti Dikunjungi

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, Destinasi Wisata Religi Yang Mesti Dikunjungi

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, Destinasi Wisata Religi Yang Mesti Dikunjungi-Ilustrasi -Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM -  Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, yang terletak di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, merupakan salah satu Masjid terbesar di Indonesia dan menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya. 

Dengan arsitektur yang menggabungkan gaya Timur Tengah, masjid ini memiliki kubah vertikal besar yang dikelilingi oleh empat kubah kecil berwarna biru, serta menara setinggi 99 meter yang menjulang.

Masjid ini didirikan pada tahun 2000 dan memiliki luas gabungan bangunan dan fasilitas penunjangnya seluas 22.300 meter persegi. 

Bangunan masjid ini memiliki panjang 147 meter dan lebar 128 meter, dengan atap yang terdiri dari kubah besar yang mendominasi, ditopang oleh empat kubah kecil dan sebuah menara. Kubah utama memiliki bentuk yang hampir menyerupai setengah telur dengan tinggi sekitar 27 meter.

BACA JUGA:Undang-undang Desa Berubah, Tahun 2024 dan 2025 Dipastikan Tidak Ada Pilkades

BACA JUGA:Ops Ketupat Nala 2024, Wujud Kenyamanan dan Keamanan Mudik dan Perayaan Idul Fitri 1445 H

Keistimewaan lain dari Masjid Agung Al-Akbar adalah pintu masuk ke ruangan masjid yang tinggi dan besar serta memiliki mihrab terbesar di Indonesia. 

Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan menara pandang yang berfungsi sebagai lokasi pengamatan hilal di Indonesia dan sebagai objek wisata bagi masyarakat dan wisatawan untuk melihat Surabaya dari ketinggian 68 meter.

Masjid Agung Al-Akbar tidak hanya menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi umat Islam, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya. 

BACA JUGA:Kajari Mukomuko Buka Puasa Bersama Insan Pers, Jalin Silaturahmi di Momen Ramadhan

BACA JUGA:3 Zodiak yang Dianggap Memiliki Intuisi yang Tajam, Mampu Menilai Karakter Orang

Berbagai kegiatan keagamaan seperti buka puasa bersama, lomba rebana, dan festival Ramadhan diadakan di masjid ini, menarik ribuan orang untuk berkumpul dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dengan keindahan arsitektur dan kegiatan sosial yang diadakan, Masjid Agung Al-Akbar Surabaya menjadi simbol dari keharmonisan dan kemajuan kota Surabaya, sekaligus menjadi destinasi wisata religi yang menarik bagi para pelancong yang ingin menyelami kekayaan budaya dan spiritualitas Islam di Indonesia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: