Perbaiki Dapodik, Bupati Mukomuko: Patokan Pusat Menentukan Arah Bantuan Pembangunan Sekolah

Perbaiki Dapodik, Bupati Mukomuko: Patokan Pusat Menentukan Arah Bantuan Pembangunan Sekolah

Perbaiki Dapodik, Bupati Mukomuko: Patokan Pusat Menentukan Arah Bantuan Pembangunan Sekolah-istimewa-radarmukomuko.com

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM - Semua sekolah di bawah naungan Pemkab Mukomuko diminta untuk memperhatikan informasi data pokok pendidikan (dapodik) di masing-masing sekolah. 

Menurut Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI, pengisian informasi dapodik menjadi bagian penting bagi pemerintah pusat dalam mengarahkan kebijakan membangun daerah. 

BACA JUGA:Lebih Maju, Mukomuko Pelajari Tata Kelola Keuangan dan Cara Kerja BPR Jam Gadang Bukittinggi

‘’Untuk apa capek-capek mengajukan anggaran ke pusat, sementara dari sekolah tidak bersiap diri untuk itu,’’ kata Bupati Mukomuko H. Sapuan di Mukomuko, Sabtu, 30 Maret 2024. 

Pada seketika, ia mengajukan anggaran pembangunan pendidikan ini sebanyak-banyak ke pusat. Namun dalam pengecekan usulan itu, pihak pusat membuka dapodik. Jadi di dalam dapodik yang dterisi diperkirakan belum urgen untuk dibantu.  

BACA JUGA:Menjelang Mulai Dioperasikan, Rumah Sakit Pratama Ipuh Belum Tersambung Jaringan Listrik

Ini pernah terjadi, ketika Bupati Mukomuko ketemu dengan kawan-kawan di kementerian, dalam rangka mengajukan pembangunan untuk salah satu sekolah. Karena sekolah tidak jujur dalam mengisi dapodik, maka terpantau dari sistem itu bahwa sekolah ini belum begitu urgen untuk dibantu. Sehingga apa yang terjadi, pihak kementerian tidak mengucurkan anggaran untuk sekolah dimaksud.  

‘’Jadi, ini akibat tidak jujur dalam mengisi dapodik. Sehingga pemerintah pusat enak dalam mengucurkan ke daerah yang membutuhkan pembangunan,’’ demikian Bupati Sapuan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: