Mengenal 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Mengenal 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Mengenal 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Apa Saja?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Daun meniran merupakan salah satu tanaman liar yang cukup mudah ditemukan di alam bebas, daun ini memiliki bentuk yang menyebar dengan ukuran kecil dan berwarna hijau.

Daun meniran jika dilihat sepintas hampir mirip dengan tanaman putri malu, tanaman liar yang satu ini ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh loh. Di berbagai negara Asia, tanaman ini sering dijadikan pengobatan herbal untuk berbagai penyakit, seperti diabetes, malaria dan sebagainya.

Biasanya untuk mendapatkan manfaat dari daun meniran sebagian orang akan mengonsumsi air rebusan daun tersebut, atau mengonsumsi suplemen daun meniran. 

BACA JUGA:Bagi Penderita Diabetes Baik Mengkonsumsi 5 Buah Dibawah Ini, Karena Renda Glikemik

Daun meniran memiliki rasa yang sedikit asam dan juga pahit, namun meskipun rasanya kurang nikmat daun meniran memberikan banyak manfaat dan juga memberikan sensasi dingin. Senyawa kimia yang terdapat di dalam daun meniran adalah zat damar, filantin, kalium dan juga penyamak.

Lalu, apa saja sih manfaat daun meniran untuk kesehatan tubuh? Nah, dikutip dari berbagai sumber begini penjelasannya:

1. Mengobati batu ginjal

Ekstrak daun meniran yang bersifat basa dipercaya dapat mencegah serta mengatasi batu ginjal yang bersifat asam, gejala atau kondisi batu ginjal sendiri biasanya disebabkan oleh penggumpalan yang terjadi akibat mineral dan garam, kondisi ini menyebabkan sering buang air kecil, sakit ketika buang air kecil hingga urin yang hanya keluar sedikit.

2. Meredakan asam urat

Suplemen daun meniran dipercaya mampu untuk menyeimbangkan tingkat asam urat sekaligus mencegah munculnya kondisi seperti ini, asam urat sendiri bisa terjadi kapan saja terutama ketika kadar asam urat dalam darah cukup tinggi.

BACA JUGA:5 Minuman Yang Harus Dihindari, Jika Ingin Awet Muda dan Sehat Dihari Tua

3. Menghambat sel kanker

Sifat anti kanker yang ada pada daun meniran dipercaya dapat menghambat tumbuhnya tumor baru di tubuh manusia, ia kan bertindak sebagai sel mati yang mirip dengan kanker sehingga tidak ada lagi kanker baru yang menggantikannya.

4. Menurunkan tekanan darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: