Pakar Psikologi, Ini Dampak Negatif Penggunaan Hp Berlebihan Bagi Anak Apa Saja?

Pakar Psikologi, Ini Dampak Negatif Penggunaan Hp Berlebihan Bagi Anak Apa Saja?

Pakar Psikologi, Ini Dampak Negatif Penggunaan Hp Berlebihan Bagi Anak Apa Saja?--

RADARMUKOMUKO.COM - Handphone (HP) atau smartphone kini menjadi barang yang hampir dimiliki oleh semua orang, termasuk anak-anak. 

HP memang memiliki banyak manfaat, seperti memudahkan komunikasi, mencari informasi, belajar, bermain, dan lain-lain. 

Namun, jika digunakan secara berlebihan, HP juga bisa berdampak negatif bagi perkembangan psikologi anak.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Rizki Amalia, pakar psikologi anak dari Universitas Padjadjaran, dalam sebuah artikel online yang diupload  oleh Radar Tasik TV . 

BACA JUGA:Agar Tampak Selalu Awet Muda Dan Kulit Tidak Kendor, Coba Resep Kologen Alami Berikut Ini

Dalam artikel yang bertema "Benarkah HP Bisa Pengaruhi Psikologi Anak?" ini, Dr. Rizki menjelaskan beberapa dampak penggunaan HP terhadap psikologi anak, baik yang positif maupun yang negatif.

Menurut Dr. Rizki, penggunaan HP yang positif dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan psikologi anak, seperti meningkatkan kreativitas, kemampuan berkomunikasi, dan sosial anak. 

Hasil studi yang dilakukan oleh Syifa dkk. (2018) menyimpulkan bahwa penggunaan HP berdampak positif terhadap perkembangan psikologi anak, lebih tepatnya dalam ranah kognitif dan afektif.

"Anak-anak yang menggunakan HP secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan mereka dapat memperoleh banyak informasi yang bermanfaat, mengembangkan minat dan bakat mereka, serta berinteraksi dengan orang lain secara positif. 

HP juga dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini," ujar Dr. Rizki.

BACA JUGA:Cocok Disantap di Kala Siang, Ini Dia Salad Buah Mayonease yang Manis dan Menyegarkan

Namun, Dr. Rizki juga mengingatkan bahwa penggunaan HP yang negatif dapat memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan psikologi anak, seperti mengganggu pola tidur, mengurangi aktivitas fisik, menurunkan kemampuan sosial, dan menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. 

Studi yang dilakukan oleh Kuss dan Griffiths (2011) menunjukkan bahwa penggunaan HP yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan psikologis seperti depresi, kecemasan, dan stres.

"Anak-anak yang menggunakan HP secara berlebihan dan tidak terkontrol dapat terpapar oleh konten-konten negatif yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangan mereka, seperti kekerasan, pornografi, perjudian, dan radikalisme. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: