Tes CPNS 2024, Pemerintah Siapkan 1,3 Juta Formasi, Ini Informasi Awalnya

Tes CPNS 2024, Pemerintah Siapkan 1,3 Juta Formasi, Ini Informasi Awalnya

Tes CPNS 2024, Pemerintah Siapkan 1,3 Juta Formasi, Ini Informasi Awalnya--

RADARMUKOMUKO.COM - Bagi yang gagal dalam tes CPNS yang sedang berlangsung jangan galau, karena beredar kabar pada 2024 kembali dilaksanakan tes CPNS.

Rencana ini seiring dengan sudah disahkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dimana dalam UU ini, disebutkan bahwa tenaga hororer akan dihapus paling lambat Desember 2024.

Dengan adanya peraturan tersebut, instansi pemerintah, baik itu pemerintah pusat atau daerah, tidak boleh lagi merekrut tenaga Non-ASN atau tenaga honorer. Sebagai penggantinya tentu pengangkatan ASN yang baru.

BACA JUGA:Pemerintah Sudah Siapkan Tes CPNS dan PPPK Yang Lebih Besar Tahun Depan

Untuk jadwal pendaftaran dan tahapan seleksi CPNS 2024 belum dirilis secara resmi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). 

Namun, dilansir dari berbagai sumber, juga sudah tayang di radarkepahiang.disway.id, perwakilan resmi dari Kemen PANRB, Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur, Aba Subagja, menyampaikan bahwa informasi terkini akan terus diperbaharui di situs dan media sosial resmi pemerintah, termasuk melalui SSCASN.

Pada Rapat Koordinasi Penataan Manajemen Aparatur Sipil Begara (ASN), Aba Subagja mengungkapkan rencana perekrutan CPNS pada tahun 2024. 

Diperkirakan sekitar 1,3 juta formasi akan disiapkan, yang dihitung berdasarkan sisa formasi tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Aturan Pakaian Tes CPNS dan PPPK, Siapkan Baju Putih dan Celana Hitam

Terdapat kekhawatiran dari lulusan baru yang tidak dapat mengikuti program pemerintah tersebut. Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah belum sepenuhnya optimal dalam usulan formasi.

Menurut Aba Subagja, diharapkan penerimaan CPNS 2024 tidak melebihi kuota yang telah ditetapkan. Hal ini diharapkan agar semua instansi dapat melihat serta memaksimalkan potensi untuk penerimaan ASN di tahun tersebut. 

Penetapan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023 dimaksudkan untuk mengurangi angka pengangguran di dalam negeri. Diharapkan penerapan PP turunan dari UU 2023 ini dapat digunakan oleh masyarakat dalam enam bulan ke depan.

Seleksi CPNS Tahun Ini dan Fokus Ke Depan

Saat ini, seleksi CPNS untuk tahun ini tengah berlangsung. Ada 1.853.617 pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang berhasil melaju ke tahapan selanjutnya. Seleksi masih akan berlanjut hingga pergantian tahun, melibatkan pelamar CPNS dan PPPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: