Bongkol Ketan, Makanan Khas Bangka yang Menggunakan Daun Kelapa Muda sebagai Pembungkus

Bongkol Ketan, Makanan Khas Bangka yang Menggunakan Daun Kelapa Muda sebagai Pembungkus

Bongkol Ketan, Makanan Khas Bangka yang Menggunakan Daun Kelapa Muda sebagai Pembungkus-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Bongkol ketan adalah salah satu jajanan pasar yang populer di Pulau Bangka, terutama saat lebaran. Bongkol ketan memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti bantal kecil yang dibungkus dengan daun kelapa muda. Bongkol ketan memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, serta aroma yang harum dari daun kelapa dan santan.

Bongkol ketan merupakan saudara kembarnya ketupat, yang juga terbuat dari beras ketan. Namun, Bongkol ketan memiliki isian kacang merah dan kelapa parut yang membuatnya lebih kaya rasa. Selain itu, Bongkol ketan juga dimasak dengan cara direbus, bukan dikukus seperti ketupat.

Bongkol ketan berasal dari tradisi masyarakat Bangka yang menggunakan beras ketan sebagai bahan makanan pokok. Beras ketan dipercaya dapat memberikan energi dan kekuatan bagi tubuh. Selain itu, bongkol ketan juga memiliki makna simbolis, yaitu sebagai lambang persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA:Dimakan Pakai Nasi Hangat Bikin Mau Nambah Terus, Ini Resep Telur Tomat Nyemek Favorit Keluarga di Rumah

Bongkol ketan biasanya disajikan dengan kuah ayam atau kuah opor, yang membuatnya semakin lezat dan menggugah selera. Bongkol ketan juga cocok dinikmati sebagai sarapan, cemilan, atau hidangan penutup. Bongkol ketan dapat bertahan lama, karena daun kelapa muda dapat melindungi isinya dari udara.

Untuk membuat bongkol ketan, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

- 500 gram beras ketan (rendam selama 2 jam)

- 50 gram kacang merah (rebus sampai empuk)

- 150 gram kelapa parut

- 1 bungkus santan kara instan (65 ml)

- 200 ml air

- 3 lembar daun pandan

- secukupnya garam

- daun janur (daun kelapa muda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: