Waspada, Ciri Fisik Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Punya Masalah dengan Lambung

Waspada, Ciri Fisik Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Punya Masalah dengan Lambung

Waspada, Ciri Fisik Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Punya Masalah dengan Lambung--

RADARMUKOMUKO.COM - Sakit lambung adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Sakit lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa nyeri, panas, atau perih di ulu hati. Sakit lambung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, stres, obat-obatan, infeksi, atau penyakit lain.

Namun, tidak semua orang yang memiliki sakit lambung menunjukkan gejala yang jelas. Ada beberapa orang yang memiliki sakit lambung walaupun terlihat sehat. Hal ini bisa berbahaya, karena sakit lambung yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan komplikasi, seperti tukak lambung, pendarahan lambung, atau bahkan kanker lambung.

BACA JUGA:Baca Kisah Karomah Syaikh Abdul Qadir Jailani, Ulama Sufi yang Mampu Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri fisik seseorang yang memiliki sakit lambung walaupun terlihat sehat? Berikut ini adalah beberapa ciri fisik yang bisa Anda perhatikan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

• Produksi air liur berlebih dan mulut terasa asam. 

Hal ini terjadi karena tubuh berusaha menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan. Air liur terus diproduksi karena berusaha menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan. Selain produksi air liur berlebih, masuknya asam lambung ke dalam esofagus dapat menimbulkan gejala lain seperti sulit menelan, sendawa, rasa panas di dada, dan mulut terasa asam.

• Menurunnya nafsu makan. 

Hal ini terjadi karena tubuh mengalihkan energi untuk melawan infeksi, sehingga mengurangi rasa lapar. Nafsu makan berkurang juga bisa disebabkan oleh mual, muntah, atau nyeri perut yang sering menyertai sakit lambung.

BACA JUGA:Menuai Kontroversi, Bupati Mukomuko Beberkan Alasan Jembatan Menggiring Bisa Dipercepat

• Mengalami gangguan pencernaan.

Hal ini terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa merusak lapisan mukosa dan menyebabkan peradangan. Gangguan pencernaan yang bisa terjadi antara lain sembelit, diare, perut kembung, atau sindrom iritasi usus.

• Merasa lemas dan mengantuk. 

Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kelelahan akibat melawan infeksi, sehingga mengurangi aktivitas fisik dan mental. Lemas dan mengantuk juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dan cairan, atau gangguan tidur yang sering terjadi saat sakit lambung.

• Sulit berkonsentrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: