Jenis Senjata Berbagai Daerah di Indonesia Yang Digunakan Melawan Penjajah

Jenis Senjata Berbagai Daerah di Indonesia Yang Digunakan Melawan Penjajah

Jenis Senjata Berbagai Daerah di Indonesia Yang Digunakan Melawan Penjajah--

RADARMUKOMUKO.COM - Daerah di Indonesia bukan saja memiliki makanan khas, tapi juga ada senjata yang menjadi khas banyak daerah. Senjata tradisional ini cukup legendaris, pernah digunakan untuk melawan penjajah

Senjata-senjata ini tidak jarang dijadikan dalam bentuk supenir hingga banyak diminati oleh para wisatawan atau pengunjung datang ke sana.

Walau senjata tradisional jangan salah, beberapa senjata daerah yang digunakan pehlawan bangsa cukup ditakuti penjajah, karena kabarnya juga memiliki kesaktian.

BACA JUGA:Pahlawan Wanita Indonesia Yang Paling Menakutkan Bagi Bangsa Penjajah

BACA JUGA:Masa Penjajahan Sangat Menyakitkan, Tapi Tiga Daerah Ini Selamat

Berikut ini beberapa senjata pahlawan yang paling dikenal dan ditakti penjajah:

Golok

Golok adalah senjata tradisional sampai sekarang, apalagi bagi Suku Betawi. Golok terlihat seperti pisau dengan ukuran lebih besar. Salah satu pahlawan yang bersenjata khas golok adalahKapten Pattimura dan Si Pitung. Tak jarang dengan senjata ini mampu membuat penjajah bertekuk lutut.

Celurit

Celurit memiliki pola bilah melengkung seperti bulan sabit ini, senjata ini telah banyak membantu pahlawan menghadapi penjajahan. Celurit memiliki persamaan dengan Arit, hanya saja ukurannya lebih besar. 

Celurit yang identik dengan masyarakat Pulau Madura, banyak digunakan untuk keperluan bela diri Pencak Silat. 

Rencong

Rencong merupakan senjata khas Aceh. Rencong mirip dengan pisau, perbedaan mencoloknya pada gagangnya yang unik.  Senjata saat berada di tangan perjuang, sangat membantu perjuangan mengusir penjajah. Bahkan banyak yang meyakini Rencong yang digunakan para pahlawan dari Aceh dulunya memiliki kesaktian. 

Sampai sekarang Rencong masih dipakai untuk melindungi diri. Bahlan juga ada yang menjadikannya pusaka atau jimat keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: