Mitos Ayam Cimahi Harganya Mencapai Puluhan Juta, Menolak Kesialan dan Kebebalan Tubuh

Mitos Ayam Cimahi Harganya Mencapai Puluhan Juta, Menolak Kesialan dan Kebebalan Tubuh

Mitos Ayam Cimahi Harganya Mencapai Puluhan Juta, Menolak Kesialan dan Kebebalan Tubuh--

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu ayam termahal di dunia ada di Indonesia, yaitu ayam cimahi. ayam yang seluruh tubuhnya berwarna hitam legam. Mulai dari bulu, jengger, paruh, bahkan kulit, daging, organ dalam, hingga tulang ayam cemani juga berwarna hitam.

Ayam Cimahi banyak dicari para kolektor ayam dunia. Jika beruntung harga ayam Cemani di Indonesia bisa terjual hingga  Rp 40 juta satu ekor.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Urungkan Proses Pengadaan Tanah Polsek, Ini Alasannya

BACA JUGA:Caleg Harus Tahu, Jenis Souvenir Kampanye Yang Menarik, Berkesan dan Harganya Murah

Sekarang jumlah ayam Cimahi tidak banyak, sudah hampir punah. Ayam Cimahi bukan saja bentuknya yang unik dan rasanya yang nikmat, tapi juga diyakini memiliki kekuatan magis. Maka ayam ini kerap digunakan dalam ritual tertentu.

Bahkan menurut legenda masyarakat kota Temanggung, ayam cemani disebut berasal dari Jawa Tengah dan sudah ada sejak era Kerajaan Majapahit. 

Ayam ini pertama dimiliki petapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan. Namun, dulu ayam itu dikatakan memiliki paruh berwarna putih dan sempat dipakai untuk mengobati penyakit anak seorang pejabat di daerah itu.

Setelah sukses mengobati penyakit anak tadi ayam itu dikawinkan dengan sesama ayam hitam legam lain. Tetapi, anak ayam yang dihasilkan justru berwarna hitam legam dengan paruh yang juga hitam. Alhasil, ayam itu akhirnya diberi nama cemani atau dalam bahasa Sansekerta berarti hitam legam.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut mitos ayam cimahi:

Menolak Kesialan

Juga ada mitos memelihara ayam cemani terhindar dari berbagai serangan ilmu hitam. Tak hanya itu selain sebagai penangkal ilmu hitam ayam cemani juga dipercaya menjadi hewan yang mendatangkan keberuntungan bagi sang pemilik.

Mitos Darah Ayam Cemani

Banyak orang percaya, dengan mengoleskan darah ayam cemani pada kepala bayi, maka bayi akan terhindar dari gangguan makhluk halus.

BACA JUGA:Banyak Disukai Anak-anak, Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kentos Kelapa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: