Menyikapi Prasasti Tua Charles Kirkpatrik, Bangsawan Inggris yang Meninggal di Mukomuko

Menyikapi Prasasti Tua Charles Kirkpatrik, Bangsawan Inggris yang Meninggal di Mukomuko

Menyikapi Prasasti Tua Charles Kirkpatrik, Bangsawan Inggris yang Meninggal di Mukomuko--

RADARMUKOMUKO.COM – Di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, ternyata banyak ditemukan monumen sejarah yang berusia ratusan tahun.

Kali ini, wartawan radarmukomuko.com, mencoba menelisik keberadaan prasasti bertuliskan to the memory of Charles Kirkpatrik yang kini terletak di SMPN 1 Mukomuko, Kelurahan Pasar Mukomuko.  

Menurut penghematan seorang pemerhati sejarah Kabupaten Mukomuko, Hendra Cipta, prasasti atau batu berukir to the memory of Charles Kirkpatrik, sebelum dipindahkan ke tempat posisi sekarang, prasasti tersebut ditemukan tetua Mukomuko terdahulu di kawasan Pasar Beteng, yakni sebuah lokasi yang terletak sekitar 400 meter sebelah Timur Laut dari posisi yang sekarang. 

BACA JUGA:Tips Menggoreng Ikan Asin Agar Tidak Keasinan, Garing dan Gurih Dimakan

BACA JUGA:Cara Menukar Telkomsel Poin Dengan Pulsa dan Undian Terbaru, Hadiah Hp Hingga Mobil

Batu berukir ini dipindahkan ke halaman depan gedung pertama SMP Negeri 1 Mukomuko pada tahun 1950-an sebagai monumen untuk mengesankan nilai historis bangunan SMP. 

Dengan demikian, batu ini sudah menghiasi halaman depan SMP 1 Mukomuko sejak 70-an tahun yang lalu. 

Dan jika dihitung sejak batu dipasang di Pasar Beteng, dapat dikatakan, batu berukirnya sudah berada di Mukomuko sekitar 249 tahun yang lalu.

Masih Hendra Cipta, jika ditilik dari gaya ornamen dan konten tulisan, diperkirakan batu ini dulunya merupakan sebuah nisan untuk mengingat kematian seseorang. Tulisan di batu tertulis:

To the Memory of

MR CHAS KIRKPATRIK

Who departed this life at MOCO MOCO

The 29th Oct 1774

Aged 18

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: