Prospek Cuaca Maritim November, Bengkulu dan Sumbar Waspada Hujan Serta Gelombang Tinggi

Prospek Cuaca Maritim November, Bengkulu dan Sumbar Waspada Hujan Serta Gelombang Tinggi

Prospek Cuaca Maritim November, Bengkulu dan Sumbar Waspada Hujan Serta Gelombang Tinggi-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis terkait dengan prospek cuaca martim november 2023 di wilayah Bengkulu dan Sumatera barat (Sumbar).

Dijelaskan, selama november, umum cuaca lebih cenderung bervariasi namun didominasi kondisi hujan baik intensitas Ringan hingga lebat. Namun rata-rata hujan yang terjadi berintensitas ringan.

Adapun probabilitas cuaca, hujan 65 persen dan cuaca tidak hujan 35 persen. Untuk probabilitas hujan sendiri, berupa hujan ringan-sedang 70 persen dan hujan lebat-sangat lebat 30 persen. 

BACA JUGA:Jangan Mengaku Suka Ayam Bakar, Kalau Resep Satu Ini Belum Anda Coba? Dijamin Serumah Bakal Ketagihan

BACA JUGA:Air Danau di Bengkulu Tengah Berubah Berwarna Biru, Ternyata Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Untuk daerah yang punya potensi hujan lebat hingga sangat Lebat yaitu, perairan Siberut, Perairan, Perairan Sipora, Pagai, Perairan Pesisir barat sumatera Barat yaitu pasaman Barat - Pesisir Selata, perairan Bengkulu dan Enggano. Kecenderungan hujan terjadi pada Sore hingga malam dini hari.

Dijelaskan juga untuk kondisi angin, secara umum angin diperairan rata- rata dari Selatan hingga Barat Daya dan dari timur laut- tenggara di perairan pesisir Sumatera Barat dan perairan pesisir Bengkulu

Kecepatan rata- rata diperairan 4-15 knots. Wilayah pesisir pantai 2-10 knots. Kecepatan di perairan barat Enggano dan Samudra Hindia barat Mentawai serta Bengkulu  10-20 knots.

Gelombang laut, pada bulan Nopember rata- rata sedang-tinggi bisa mencapai 2.00- 3.50 meter terutama di perairan Samudra Hindia Barat Mentawai, perairan Enggano dan Samudera Hindia barat Bengkulu.

Gelombang di perairan barat Mentawai bisa mencapai 1.25 - 3.20 meter. Untuk wilayah perairan timur Mentawai 0.50-2.00 meter. Untuk wilayah perairan barat Bengkulu 0.75 -2.00 meter. 

Kondisi ini terjadi hampir sepanjang bulan Nopember ini.

Untuk Astronomi, kondisi fase bulan yang menyebabkan Pasang Perbani (Neap Tide) diperkirakan terjadi pada tanggal 5 dan 20 Nopember 2023. 

Ketinggian air saat pasang diperkirakan 1.2 meter dan saat surut diperkirakan 0.2 meter.

Kondisi fase bulan yang menyebabkan Pasang purnama (Spring Tide) diperkirakan terjadi pada tanggal 13 dan 27 Nopember 2023. Ketinggian air saat pasang diperkirakan 1.4 meter dan saat surut diperkirakan 0.2 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: