Baru Tahu, Ini Fungsi Lampu Jauh Kendaraan Yang harus Diketahui, Ada Etika Harus Diperhatikan

Baru Tahu, Ini Fungsi Lampu Jauh Kendaraan Yang harus Diketahui, Ada Etika Harus Diperhatikan

Baru Tahu, Ini Fungsi Lampu Jauh Kendaraan Yang harus Diketahui, Ada Etika Harus Diperhatikan--

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu lampu kendaraan yang harus ada dan berfungsi dengan baik adalah lampu Headlight atau lampu utama. Lampu ini berfungsi utama sebagai penerang dalam berkendara.

Lampu utama ini ada dua jenis,yaitu headlight high beam (lampu jauh) dan headlight low beam (lampu dekat).

Lampu dekat berfungsi untuk memberikan penerangan jarak dekat yang bisa menerangi jalanan pada saat kondisi malam yang normal.

Sorot lampunya tidak menyorot langsung ke depan seperti lampu jauh, melainkan mengarah ke jalan, sehingga lampu ini lebih ramah untuk pengguna jalan lain. 

BACA JUGA:Capres Cukup Kuasai 5 Provinsi Ini Untuk Memenangi Pilpres 2024, Salah Satunya di Sumatera

BACA JUGA:PWM Bengkulu Kukuhkan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Mukomuko, Dihadiri Gubernur Bengkulu

Headlight High Beam, atau lebih kita kenal dengan sebutan disebut juga lampu jauh juga lampu tembak. Sebutan tersebut tidak lain berasal dari fungsinya, sebagai pemberi penerangan ke jarak yang jauh ke depan untuk memberikan visibilitas pada kondisi jalanan sepi dan gelap. 

Untuk lampu jauh ini, penggunaannya harus menyesuaikan kondisi, karena bisa mengganggu pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

Banyak kasus di jalan raya, pengenda terus menerus hidupkan lampu sorot, hingga sangat mengganggu pengendara lain. Hal ini terjadi karena tidak paham penggunaan lampu dalam berkendaraan.

Berikut beberapa etika dan waktu yang tepat penggunaan lampu jarak jauh kendaraan:

Kondisi Jalan Sepi, Gelap dan kabud

Lampu tembak jarak jauh bebas digunakan dalam kondisi jalan sepi atau tidak ada pengendara lain di depan. Dengam lampu sorot maka pengendara bisa melihat dengan leluasa ke depan. Juga dalam keadaan jalan kabud lampu ini biasa digunakan untuk memperkuat jarak pandang.

Saat lewati tingkungan

Saat berjalan malam hari, menghidupkan lampu tembak di jalan menikung atau titik blind spot sebuah keharusan. Ini berguna unuk penerangan jalan yang lebih jelas, juga berguna untuk memberi tahu pengendara lain dari arah perlawanan tingkungan. Sehingga masing-masing pengendara bisa hati-hati karena ada lawan dari arah berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: