7 Langkah Praktis Cara Merebus Telur Agar Mulus Tidak Pecah dan Gampang Dikupas

7 Langkah Praktis Cara Merebus Telur Agar Mulus Tidak Pecah dan Gampang Dikupas

7 Langka Praktis Cara Merebus Telur Agar Mulus Tidak Pecah dan Gampang Dikupas--

1. Siapkan Panci Tertutup atau wadah memasak Berisi Air

Langkah pertama siapkan tempat seperti panci, kuali atau wadah memasak lainnya yang berisi air secukupnya dan disarankan tertutup rapi. Pastikan berukuran besar agar seluruh terlur terendam di dalam air. Juga telur yang akan direbus juga sudah harus ada.

2. Cek Kondisi Telur

Juga penting dilakukan mengecek kondisi telur yang akan direbus. Jangan sampai telur retak atau sudah pecah. Jika ada yang retak atau pecah sisihkan, lebih baik di dadar saja. Juga utamakan telur yang sudah berumur 2 hingga 5 hari, ini perlu supaya nanti mudah di kupas. Telur yang baru keluar dari induk ayam, biasa rawan lengket atau sudah di kupas.

BACA JUGA:Resep Tahu Telur Sederhana, Makanan Khas Surabaya yang Mudah dan Enak

BACA JUGA:Resep Nasi Lengko Khas Tegal, Tawarkan Cita Rasa Gurih dan Nagih

3. Rebus Air Hingga Panas

Berikutnya tarok di atas tungku atau kompor yang menyala dengan api yang disesuaikan. Tungga Air beruap atau sedikit panas, tidak harus sampai mendidih.

4. Masukkan Cuka atau Garam

Setelah air panas, masukkan cuka atau garam ke dalam air, ini sangat membantu agar telur yang sudah matang nanti mudah di kupas. Kemudian juga garam atau cuka dapat meminimalisir telur pecah atau retak saat di masak.

5. Masukkan Telur Dengan Aman

Setelah itu langsung masukkan telur ke dalam air. Ingat memasuk telur harus lebih hati-hati atau bisa gunakan alat menarok telur ke dalam panci masak. Tujuanya agar telur tidak terbentur, karena telur sangat mudah pecah jika alami benturan.

6. Tunggu Matang

Setelah itu tinggal tunggu telur matang, biasanya tidak lama hanya butuh 7 menit saja, Anda bisa mendapatkan kuning telur yang keras tapi lunak. Sementara jika Anda ingin matang penuh atau sempurna, rebus telur setidaknya selama 10 menit saja sudah matang sempurna. Jika sudah maka matikan kompor atau apinya.

7. Masukkan ke Air Dingin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: