Penyerahan Anugerah Kebudayaan, Bupati Mukomuko Berharap Seni Budaya Daerah Terus Dilestarikan

Penyerahan Anugerah Kebudayaan, Bupati Mukomuko Berharap Seni Budaya Daerah Terus Dilestarikan

Penyerahan Anugerah Kebudayaan, Bupati Mukomuko Berharap Seni Budaya Daerah Terus Dilestarikan --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO mengajak semua elemen masyarakat berkontribusi dalam menjaga, melestarikan dan memajukan nilai seni budaya daerah Kabupaten MUKOMUKO.  

Hal ini disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Mukomuko, Haryanto, SKM dalam sambutannya ketika mewakili Bupati Mukomuko pada acara penyerahan reward kepada seniman dan budayawan dalam kegiatan Anugerah Kebudayaan Daerah Tahun 2023 program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko di Balai Daerah Mukomuko, Kamis, 19 Oktober 2023.

Haryanto menyampaikan, seni budaya daerah sepatutnya harus disyukuri dan dilestarikan. Hierarkinya, seni budaya daerah merupakan bagian dari sarana untuk kemajuan. Kemajuan sebuah daerah juga diiringi dengan seni budayanya. 

BACA JUGA:Seniman dan Budayawan Mukomuko Terima Anugerah Kebudayaan Daerah 2023

BACA JUGA:7 Cara Mengetahui Telur Busuk, Sudah Berdarah atau Beranak, Nomor 5 Pasti Ketahuan

‘’Kalau kita lihat, Kabupaten Mukomuko kaya akan keberagaman seni budaya. Ini harus disyukuri, kita kembangkan dan kita lestarikan,’’ ungkap Haryanto.

Patut diapresiasi, tahun ini Pemkab Mukomuko melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dapat memberikan reward kepada seniman dan budayawan yang turut aktif melestarikan nilai seni budaya daerah. 

Menurut Haryanto, tahun ini reward kepada seniman dan budayawan hanya bisa dilaksanakan untuk dua kategori. Ia berharap untuk memotivasi pada seniman dan budayawan, program ini dapat terus dikembangkan. 

‘’Tahun ini dua kriteria, kalau bisa tahun depan dapat lebih banyak lagi. Tentunya ini bagian dari motivasi dan apresiasi pemerintah daerah terhadap seniman dan budayawan kita,’’ pintanya. 

Seperti diketahui, pada Anugerah Kebudayaan Daerah Tahun 2023 ini, Pemkab Mukomuko memberikan reward kepada dua orang seniman dan budayawan.

Prosesi penyerahan Anugerah Kebudayaan oleh Bupati Mukomuko diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Haryanto, SKM berlangsung di Gedung Balai Daerah Mukomuko.  

 Anugerah Kebudayaan Tahun 2023 ini, diberikan untuk dua kategori. Penghargaan maestro seni tradisi diserahkan kepada Ma’ruf, salah seorang seniman asal Desa Pondok Kandang, Kecamatan Pondok Suguh, Mukomuko. 

Kemudian, penghargaan untuk kategori masyarakat adat diserahkan kepada Abdul Kadir, warga Kelurahan Bandar Rayu, Kecamatan Kota Mukomuko.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tinjau Pendangkalan Muara Dampak El Nino, Hambat Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: