Seniman dan Budayawan Mukomuko Terima Anugerah Kebudayaan Daerah 2023

Seniman dan Budayawan Mukomuko Terima Anugerah Kebudayaan Daerah 2023

Seniman dan Budayawan Mukomuko Terima Anugerah Kebudayaan Daerah 2023 --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Dua orang seniman dan budayawan di Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu menerima Anugerah Kebudayaan Daerah Tahun 2023 dari Pemkab MUKOMUKO.  

Prosesi penyerahan Anugerah Kebudayaan oleh Bupati Mukomuko diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Haryanto, SKM berlangsung di Gedung Balai Daerah Mukomuko pada Kamis, 19 Oktober 2023. 

Anugerah Kebudayaan Tahun 2023 ini, diberikan untuk dua kategori. Penghargaan maestro seni tradisi diserahkan kepada Ma’ruf, salah seorang seniman asal Desa Pondok Kandang, Kecamatan Pondok Suguh, Mukomuko. 

BACA JUGA:Akibat Kabut Asap, Penerbangan Susi Air Padang - Mukomuko Tertunda

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tinjau Pendangkalan Muara Dampak El Nino, Hambat Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan

Kemudian, penghargaan untuk kategori masyarakat adat diserahkan kepada Abdul Kadir, warga Kelurahan Bandar Rayu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko, Epi Mardiani, S.Pd melalui Sekretaris Muhammad Zum, ST., MT didampingi Kabid Kebudayaan, Sri Hawani, SE. Ia menyampaikan, Anugerah Kebudayaan ini merupakan program kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko tahun 2023 yang diselenggarakan melalui kegiatan Bidang Kebudayaan. 

‘’Anugerah kebudayaan ini merupakan upaya dan bentuk apresiasi pemerintah daerah Kabupaten Mukomuko kepada pihak yang berprestasi atau berkontribusi luar biasa sesuai dengan kontribusinya dalam pemajuan kebudayaan,’’ ungkap Muhammad Zum. 

Tahun ini, kata Muhammad Zum, Anugerah Kebudayaan diberikan untuk dua kategori. 

‘’Sesuai DPA, tahun ini untuk dua kategori,’’ imbuhnya. 

Kategori maestro seni tradisi, merupakan penghargaan kebudayaan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada individu yang secara tekun dan gigih mengabdikan diri pada jenis yang langka dan nyaris punah dan serta mewariskan keahliannya kepada generasi muda.

Dijelaskannya, reward maestro seni ini diberikan kepada Ma’ruf. Ma’ruf merupakan salah seorang seniman, pelestari kesenian Tari Palito. 

‘’Tari Palito ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTB) pada tahun 2022 oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek,’’ ujarnya. 

Reward untuk kategori masyarakat adat, merupaka penghargaan kebudayaan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat adat atau lembaga adat atas dedikasi dalam pemajuan kebudayaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: