Filosofi dan Keistimewaan Perkutut Katuranggan Burung Peliharaan Pangeran Diponegoro

Filosofi dan Keistimewaan Perkutut Katuranggan Burung Peliharaan Pangeran Diponegoro

Perkutut Katuranggan-istimewa-

RADARMUKOMUKO.COM – Bagi penghobi burung perkutut, setiap kali mendengar suaranya yang merdu mereka bisa memahami kreteria burung itu .

Belum lagi yang penatik, burung perkutut di anggap burung jelmaan para dewa yang baik untuk dipelihara, karena suaranya membawa keteduhan dan ketenteraman di dalam rumah bagi yang memeliharanya.

Sehingga banyak bangsawan memeilhara burung perkutut, bahkan peliharaan mereka bernilai hingga ratusan juta sessuai dengan ciri dan karastik serta suara burung perkutut.

Selain itu, perlu diketahui setiap orang punya cara dan hobi tersendiri, khusnya Burung Perkutut katurangga peliharaan Pangeran Diponogoro.

BACA JUGA:Resep Tahu Taoge Bumbu Kacang Pedas Ini Menu Sederhana Tapi Nikmatnya Sungguh Kelewatan

BACA JUGA:Radarmukomuko.com Raih Penghargaan Page View Terbesar se Indonesia Versi DNN

Sehingga Unisco mencanangkan bahwa burung perkutut adalah peliharaan Pangeran Diponogoro.

Burung perkutut dikenal sebagai peliharaan bangsawan dikalangan masyarakat Jawa. Dulunya merupakan peliharaan kesukaan Pageran Diponogoro yang diperkirakan jenis burung perkutut Katurangga.

Pernyataan ini dibenarkan   oleh Peter Brian Ramsay Carey, yang  berkebangsaan Ingris berpropesi sebagai sejarawan. Dan telah melakukan penelitian terhadap kehidupan Pangeran Diponogoro selama krang lebih 40 tahun

"Beliau suka hewan, terutama burung yang suaranya bisa berkomunikasi ,Seperti burung Perkutut, juga burung Kakaktua. 

Selanjutnya Peter menjelaskan  ketika Pageran Diponohgoro diasingkan di Makasar  ia membawa burung-burung perkutut dan kakatua," ungkap nya 

Bagi penghobi burung Perkutut  diyakini memiliki  filosofi, seperti kepercayaan masyarakat Nusantara, khusus masyarakat Jawa.

Mereka yakin memelihara  binatang akan merasakan  dekat dengan alam  secara efektif untuk menyatukan raga maupun jiwa terhadap Yang Mahakuasa.

Kehobian Pangeran Diponogoro tersebut menjadikan  Ia salah satu Pahlawan Nasional Indonesia  penyuka binatang burung perkutut.

Pangeran Dipnogoro selain hobi terhadap burung Perkutut dan Kakaktua, Pangeran Diponegoro ternyata juga menyukai Kura-Kura dan Ikan Mas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: