Perkutut Katurangga Burung Peliharaan Pangeran Diponegoro, Memiliki 6 Keistimewaan dan 6 Filosofi

Perkutut Katurangga Burung Peliharaan Pangeran Diponegoro, Memiliki 6 Keistimewaan dan 6 Filosofi

Perkutut Katurangga Burung Peliharaan Pangeran Diponegoro, Memiliki 6 Keistimewaan dan 6 Filosofi --

RADARMUKOMUKO.COM –  Setiap orang punya cara dan hobi tersendiri, ada yang suka memelihara  burung perkutut , khusnya   burung perkutut katurangga peliharaan Pangeran Diponogoro.

Sehingga Unisco mencanangkan bahwa burung perkutut adalah peliharaan pangeran diponogoro.

Memelihara burung perkutut dikenal sebagai peliharaan bangsawan dikalangan masyarakat Jawa. Dulunya merupakan peliharaan kesukaan Pageran Diponogoro yang diperkirakan jenis burung perkutut Katurangga.

Pernyataan ini  dibenarkan   oleh Peter Brian Ramsay Carey, yang  berkebangsaan Ingris berpropesi sebagai sejarawan. Dan telah melakukan penelitian terhadap kehidupan Pangeran Diponogoro selama  krang lebih 40 tahun

"Beliau suka hewan, terutama burung yang suaranya bisa berkomunikasi, Seperti burung Perkutut, juga burung Kakaktua. 

Selanjutnya Peter menjelaskan  ketika Pageran Diponohgoro diasingkan di Makasar  ia membawa burung-burung perkutut dan kakatua," ungkap nya 

Bagi penghobi burung Perkutut  diyakini memiliki  filosofi, seperti kepercayaan masyarakat Nusantara, khusus masyarakat Jawa.

Mereka yakin memelihara  binatang akan merasakan  dekat dengan alam  secara efektif untuk menyatukan raga maupun jiwa terhadap Yang Mahakuasa.

Kehobian Pangeran Diponogoro tersebut menjadikan  Ia salah satu Pahlawan Nasional Indonesia  penyuka binatang burung perkutut.

Pangeran Dipnogoro selain hobi terhadap burung Perkutut dan Kakaktua, Pangeran Diponegoro ternyata juga menyukai Kura-Kura dan Ikan Mas. 

Dengan 6 keistimeaan ini  Pangeran Diponogoro pelihara burung Perkuktut, dan memilki 6 filosofi dalam kehidupan diantanranya:

1. Kotoran perkutut tidak bau, dan cepat kering, walau terlambat membersihkan kandangnya kotorannya tidak mengeluarkan bau.

2. Perkutut ketika makan tidak rakus makan ketika ada rasa lapar dan berhenti setelah merasa kenyang, perhatikan saja  makanan yang diisi dalam tempat pakan, tidak habis dalam waktu seminggu bahkan lebih.

4. Keunikan berikutnya Burung perkutut kuat menahan rasa sakit  walaupun kepala perkutut sudah luka parah sampai terlihat tulangnya burung perkutut tidak mati (patak warak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: