Tips Merawat Burung Peliharaan Suami Agar Selalu Berkicau, Jangan Sering Dipegang

Tips Merawat Burung Peliharaan Suami Agar Selalu Berkicau, Jangan Sering Dipegang

Tips Merawat Burung Peliharaan Suami Agar Selalu Berkicau, Jangan Sering Dipegang--

RADARMUKOMUKO.COM - Banyak suami yang suka memelihara burung di rumahnya, terutama burung berkicau. Tujuannya selain sebagai hiasan rumah juga untuk dilombakan. 

Maka setiap orang berharap burung peliharaannya rajin berkicau atau berbunyi serta selalu sehat. Untuk menjadikan burung cepat dan selalu berkicau juga ada tipsnya.

BACA JUGA:Kuning Telur, Bahan Alami untuk Membersihkan Kulit

Dirangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman, ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba agar burung peliharaan cepat berbunyi:

Burung Jangan Sering Dipegang

Jika memelihara burung, sebaiknya tidak terlalu sering memegangnya dengan tangan, karena hal itu dapat membuat stres burung dan ada bulunya bisa rontok terpaksa. Ini juga bisa menyebabkan burung lambat atau jarang berbunyi.

Burung Harus Dimandikan dan Dijemur

Burung juga harus rajin dimandi dan dijemur, terutama pagi dan sore hari. Kondisi burung yang segar bisa membuatnya rajin bersuara. Untuk memandi burung gunakan air yang bersih dan disemprot jika burung belum mau mandir sendiri. 

BACA JUGA:Resep Oseng Tempe Kemangi ala Rumahan yang Simpel Tapi Nikmatnya Kebangetan

Jika burung peliharaan sudah bisa mandi sendiri, rajin-rajin mengganti air tempat mandirnya. Bila sudah kotor segera diisi secara penuh.

Siapkan Sangkar Yang Besar

Jika memelihara burung dalam sangkar, gunakan sangkar dengan ukuran lebih besar, agar burung lebih leluasa bergerak dan tidak stres. Kondisi sangkar dan tingkat stres burung akan mempengaruhi minat burung untuk berbunyi

Makanan Burung Bergizi dan Alami

Beri burung makanan yang cocok atau bergizi, utamakan makanan yang alami seperti serangga, jangkrik atau buah sesuai dengan makanan burung di alam bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: