Dinas PUPR Mukomuko Kerahkan Tenaga, Perbaiki Kerusakan Jembatan Gantung Talang Buai

Dinas PUPR Mukomuko Kerahkan Tenaga, Perbaiki Kerusakan Jembatan Gantung Talang Buai

Dinas PUPR Mukomuko Kerahkan Tenaga, Perbaiki Kerusakan Jembatan Gantung Talang Buai--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten MUKOMUKO, kerahkan sejumlah tenaga untuk memperbaiki kerusakan bangunan jembatan gantung akses masyarakat Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya.

‘’Begitu kita mendapat laporan, langsung menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek kondisi kerusakan jembatan. Sekarang masih dalam proses perbaikan,’’ kata Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah, ST., MT pada Minggu, 8 Oktober 2023. 

Peristiwa kerusakan jembatan gantung akses masyarakat Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya terjadi pada Sabtu, 7 Oktober 2023, pagi. Sejak peristiwa itu, bangunan jembatan tersebut tak bisa lagi dilewati kendaraan. 

BACA JUGA:Kejari Mukomuko Sudah Kantongi Nilai Kerugian Negara Kasus RSUD

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Mukomuko, Muhammad Yusuf, ST ketika dikonfirmasi, menyampaikan bahwa setelah kejadian bangunan jembatan gantung tak mungkin lagi di lewati kendaraan. 

Dari hasil peninjauan lapangan, kerusakan terjadi pada hanger jembatan. Dikatakan Muhammad Yusuf, 4 unit hanger pada bangunan jembatan gantung itu putus, sehingga mengakibatkan terjadi kemiringan. 

Selain itu, juga ditemukan beberapa titik besi gelagar dalam kondisi putus akibat termakan usia. 

‘’Memang kondisi jembatan ini sudah termakan usia. Seperti besi gelagar lantai dan hanger, sebagian besar sudah keropos. Melihat kondisi ini, sangat tidak memungkinkan untuk menahan beban berat,’’ kata Muhammad Yusuf. 

Mengingat jembatan ini adalah akses konektivitas dan perekonomian masyarakat. Pihaknya mencoba berupaya melakukan perbaikan sementara, agar aktivitas masyarakat tidak lumpuh. 

BACA JUGA:Kekeringan Melanda Sebagian Wilayah Mukomuko, BPBD Koordinasi Pantau Kondisi Masyarakat

‘’Untuk saat ini, masih dalam proses pengerjaan. Mungkin satu atau dua hari kedepan, perbaikan bangunan jembatan bisa diselesaikan,’’ ujarnya. 

Yang terpenting lagi, kepada masyarakat diimbau untuk tidak membawa kendaraan bermuatan berat melintasi di jembatan tersebut. 

‘’Jaga keselamatan jiwa dan bangunan jembatan, perlu kita mengingatkan kepada pengendara untuk tidak melintas di jembatan dengan muatan berat,’’ demikian Muhammad Yusuf. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: