Tersedia Dana Puluhan Miliar untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Mukomuko, Berikut Gunanya

Tersedia Dana Puluhan Miliar untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Mukomuko, Berikut Gunanya

Tersedia Dana Puluhan Miliar untuk Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Mukomuko, Berikut Gunanya --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu. Pemerintah menyediakan dana puluhan miliar untuk peningkatan sarana prasarana dan pelayanan bidang kesehatan di tahun 2024.

Kabar ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM., M.Kes. Menurutnya, dana puluhan miliar untuk pelaksanaan program peningkatan sarana prasarana pelayanan bidang kesehatan tersebut, pengelolaannya di bawah Dinas Kesehatan dan RUSD Mukomuko. 

‘’Ada pagu dana Rp42,5 miliar untuk peningkatan sarana prasarana pelayanan kesehatan yang bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2024. Sejumlah dana itu, akan dikelola oleh 2 OPD pengampu, Dinas Kesehatan dan RSUD,’’ kata Bustam Bustomo di Mukomuko, Minggu, 8 Oktober 2023. 

Dari data terhimpun, sejumlah dana tersebut dibagi dalam beberapa program kegiatan. Untuk penguatan program penurunan angka kematian ibu, bayi dan intervensi stunting disediakan dana sebesar Rp3 miliar lebih. 

BACA JUGA:Hasil Pertemuan Khusus, Gaji Guru Honor Mukomuko Tetap Akan Dibayar Penuh

Kemudian, untuk program penguatan sistem kesehatan, termasuk di dalamnya pembangunan infrastruktur bidang kesehatan dan lainnya senilai Rp39,4 miliar. 

‘’Dua program khusus yang bersumber dari dana DAK ini, akan dikelola oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Mukomuko. Dana ini juga termasuk untuk pembiayaan beberapa program fisik,’’ imbuh Bustam Bustomo. 

Dari beberapa program kegiatan yang telah direncanakan dengan sumber anggaran DAK fisik tahun 2024 tersebut, juga bakal digunakan untuk pembangunan gedung Unit Gawat Darurat (UGD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). 

‘’Dalam persediaan anggaran itu, termasuk untuk program pembangunan gedung UGD Puskesmas,’’ ujarnya. 

Dijelaskannya, tahun depan terdapat 4 Puskesmas yang menjadi target pembangunan gedung UGD. Untuk masing-masing gedung UGD Puskesmas, akan dialokasikan dana sebesar Rp1,3 miliar. 

BACA JUGA:Kondisi Terbaru Jembatan Talang Buai Mukomuko, Kades: Makin Mengkhawatirkan

‘’Gedung UGD Puskesmas yang menjadi target pembangunan di tahun 2024, UGD Puskesmas Malin Deman, UGD Puskesmas Bantal Teramang Jaya, UGD Puskesmas Dusun Baru V Koto dan UGD Puskesmas Penarik,’’ ulasnya. 

Tujuan rencana pembangunan ini, untuk peningkatan sarana prasana pelayanan bidang kesehatan. Sebab, di empat Puskesmas tersebut tercatat belum memiliki gedung UGD. 

‘’Dari sejumlah Puskesmas, sebagian sudah memiliki gedung UGD. Puskesmas yang menjadi target pembangunan ini, karena belum memiliki gedung secara khusus untuk pelayanan gawat darurat,’’ demikian Bustam. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: