Inilah Lima Suku Asli Kepulauan Riau, Bertahan Ditengah Kemajuan Batam

Inilah Lima Suku Asli Kepulauan Riau, Bertahan Ditengah Kemajuan Batam

Suku asli kepulauan riau yang terancam punah--

RADARMUKOMUKO.COM - Kepulauan Riau dihuni oleh berbagai suku bangsa. Suku-suku di Kepulauan Riau cukup unik, namun sayang kehidupan suku-suku asli ini, sudah terjempit oleh kemajuan Riau yang modern dan kebijakan pembangunan dan pembukaan lahan lainnya.

Dilansir dari seringjalan.com, berikut 5 suku asli Kepulauan Riau:

Suku Melayu

Suku Asli Di Kepulauan Riau yang pertama tentunya yang paling terkenal di Kepulauan Riau yakni Suku Melayu. Peneliti menyampaikan kalau suku bangsa ini tergolong suku asli Kepri yang sampai saat ini, masih memunculkan generasi-generasi yang baru.

BACA JUGA:3 Tokoh Melayu dari Kepulauan Riau Yang Menjadi Pahlawan Nasional, Begini Kiprahnya

BACA JUGA:Meniliki Fakta-fakta Kepulauan Riau yang Unik dan Menarik, Pulau yang Memiliki Pulau Terbanyak di Indonesia

Uniknya, suku Melayu menjadi ikon kebangsaan di Asia disebabkan oleh banyaknya negara Asia yang juga mengaku didiami oleh suku Melayu.

Terkadang orang menganggap kalau Suku Melayu berasal dari Malaysia. Padahal sebagian besar suku Melayu berasal dari Indonesia yang salah satunya didominasi oleh orang Kepri.

Suku Barok

Suku Barok merupakan salah satu suku asli di Kepulauan Riau yang menurut para ahli merupakan generasi Suku Laut yang terus berpindah-pindah tempat. Bahkan sebagian sudah menetap di daerah pesisir tepatnya di kawasan Lipan dan Sungai Buluh.

Untuk mata pencaharian masih bergantung pada hasil laut seperti ikan, kerang dan kepiting.

Suku ini berganti nama menjadi Suku Barok, karena di tempat mereka banyak pohon kayu yang bernama Bebarok.

Bahkan semua kawasan pemukiman pasti terdapat pohon ini yang seakan menjadi trademark tersendiri. Oleh sebab itu, masyarakat akhirnya membedakan antara Suku Barok dengan Suku Laut.

Suku Sakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: