Sunan Muria Tokoh Dermawan dan Humoris Karyanya Dikenang Seperti Cerita Kabayan dan

Sunan Muria Tokoh Dermawan dan Humoris  Karyanya Dikenang Seperti Cerita Kabayan dan

Sunan Muria Tokoh Dermawan dan Humoris Karyanya Dikenang Seperti Cerita Kabayan dan--

Dalam cerita ini, Ki Ageng Selo adalah seorang ulama yang memiliki kesaktian tinggi. Ia bisa menangkap petir dengan tangannya dan melemparkannya kembali ke langit.

Suatu hari, ia mendengar bahwa ada seorang pejabat yang korup dan sombong di desanya. Ia pun pergi ke rumah pejabat tersebut dan menantangnya untuk beradu kesaktian.

BACA JUGA:Penemuan Kuburan Massal di Al Zaytun Sebagai Tumbal Mencemaskan Wali Santri, Berikut Faktanya

BACA JUGA:Gusdur Bermulut Emas, Ucapanya SudahTerbukti Wali Kota Solo dan Panji Gumilang, lalu Prabowo Presiden di Usia

Pejabat itu merasa takut, tetapi ia pura-pura berani. Ia berkata bahwa ia bisa menangkap petir dengan mulutnya. Ki Ageng Selo pun melemparkan petir ke mulut pejabat itu. Pejabat itu langsung mati terbakar.

- Cerita tentang Si Kabayan yang menipu orang kaya. Cerita ini bermaksud untuk menyindir para penipu yang rakus dan licik. 

Dalam cerita ini, Si Kabayan adalah seorang pemuda desa yang cerdik dan jenaka. Ia suka menipu orang kaya untuk mendapatkan uang atau barang.

Suatu hari, ia mendengar bahwa ada seorang orang kaya yang baru pindah ke desanya. Ia pun berpura-pura menjadi tukang pijat dan pergi ke rumah orang kaya tersebut.

Ia berkata bahwa ia bisa memijat orang kaya itu sampai sehat dan kuat. Orang kaya itu tertarik dan mempersilakan Si Kabayan untuk memijatnya. Si Kabayan pun mulai memijat orang kaya itu dengan keras-keras sambil mencuri barang-barang berharga di rumahnya.

Ketika orang kaya itu merasa kesakitan, Si Kabayan berkata bahwa itu adalah tanda bahwa ia sedang sembuh. Ia pun terus memijat orang kaya itu sampai ia pingsan. Setelah itu, Si Kabayan kabur dengan membawa barang-barang curiannya.

- Cerita tentang Kebo Kenongo yang menjadi raja. Cerita ini bermaksud untuk menyindir para penguasa yang kejam dan bodoh. Dalam cerita ini, Kebo Kenongo adalah seorang raksasa yang memiliki kekuatan besar.

Ia suka mengganggu dan menakut-nakuti masyarakat desa. Suatu hari, ia mendengar bahwa raja di kerajaan sedang sakit dan akan segera meninggal.

Ia pun berpikir bahwa ia bisa menjadi raja jika ia menggantikan raja yang sakit itu.Ia pun menyamar menjadi utusan raja dan pergi ke istana. Di sana, ia berhasil menipu para penjaga dan masuk ke kamar raja.

Ia lalu membunuh raja yang sakit itu dan mengenakan pakaian dan mahkota raja. Ia kemudian keluar dari kamar dan mengumumkan bahwa ia adalah raja baru.

Para penjaga dan menteri terkejut melihat raksasa yang mengaku sebagai raja. Mereka pun berusaha untuk menyingkirkan Kebo Kenongo dengan cara-cara licik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: