Bukan Hanya Jepang dan Belanda, Ini 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia, Pertama Portugis

Bukan Hanya Jepang dan Belanda, Ini 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia, Pertama Portugis

Bukan Hanya Jepang dan Belanda, Ini 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia, Pertama Portugis--

Inggris

Karena berhasil mengalahkan Prancis, Inggris menjadi negara yang pernah menjajah Indonesia pada 1811-1816. Inggris melalui Stamford Raffles mulai menata Indonesia.

BACA JUGA:78 Tahun NKRI Merdeka dari Penjajah, Apakah Kita Benar-benar Sudah Merdeka?

BACA JUGA:Namanya Selalu Dikenang, 7 Wanita Hebat Indonesia Berani Perang Untuk Melawan dan Mengusir Penjajah

Inggris menghapus sistem monopoli perdagangan yang pernah diterapkan Belanda. Begitu juga dengan sistem tanam paksa dan menggunakan sistem yang lebih adil.

Raffles bahkan menunjuk bupati lokal menjadi bagian dari pemerintahan. Lalu melahirkan sistem sewa tanah. Selanjutnya, negara Eropa itu membagi kewilayahan di Pulau Jawa.

Namun, belum rampung penataan itu, Belanda kembali datang. Belanda yang berhasil mengalahkan Inggris akhirnya menguasai lagi Indonesia.

Jepang

Belanda dikalahkan Jepang dan Jepang langsung melanjutkan penjajahan Indonesia. Jepang mengambil alih dan berjanji akan memerdekakan Indonesia.

Nyatanya, Jepang justru menjajah Indonesia selama 3,5 tahun. Kendati singkat, namun kekejamannya tidak kalah dari Belanda.

Jepang bahkan menerapkan sistem kerja paksa alias romusha terhadap rakyat Indonesia.

Selain itu, Jepang juga membangun organisasi militer dan memaksa rakyat untuk ikut agar bisa menjadi sumber daya perang melawan Amerika Serikat dan sekutunya di Perang Dunia II.

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini akhirnya angkat kaki setelah Kota Hiroshima dan Nagasaki dibom AS pada 15 Agustus 1945.

Momen ini digunakan para pejuang Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: