Princess Mulan Indonesia, Pendekar Wanita Melawan Belanda Yang Akhirnya Hidup Menyedihkan

Princess Mulan Indonesia, Pendekar Wanita Melawan Belanda Yang Akhirnya Hidup Menyedihkan

The Sin Nio atau dikenal dengan Princes Mulan Indonesia--

Kemudian setelah itu beliau terpaksa hidup menggelandang di Ibukota, satu pilihan menyedihkan bagi seorang pejuang bangsa, bayangkan perempuan pejuang berusia sekitar 60 tahun harus hidup menggelandang di tengah kerasnya kehidupan ibukota. Kehujanan kepanasan tanpa tempat tinggal yang jelas.

Perjuangan panjang akhirnya membuahkan hasil, pada tanggal 29 Juli 1976 Sin Nio berhasil mendapatkan pengakuan sebagai pejuang yang turut aktif mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Cara Membuat Kue Pukis yang Enak dan Lembut Tanpa Perlu Menggunakan Mixer

Surat Keputusan pengakuan The Sin Nio dikeluarkan oleh Mahkamah Militer Yogyakarta. Surat keputusan ini ditandatangani oleh Kapten CKH Soetikno SH dan Lettu CKH Drs.Soehardjo, juga sebagai saksi mata ditandatangani ooeh Mayor TNI-AD Kadri Sriyono (Kastaf Kodim 0734 Diponegoro dan Dr R.Brotoseno (dokter militer pada Resimen 18 Divisi III Dipinegoro.)

Sayangnya, SK tersebut tidak diiringi dengan hak pensiun untuk dirinya, sehingga Sin Nio harus bertahan sebagai gelandangan di seputaran pintu air dekat masjid Istiqlal Jakarta.

BACA JUGA:Lima Pahlawan Cantik Asal Aceh Yang Angkat Senjata Melawan Belanda

Beberapa tahun kemudian yaitu 1981, uang pensiun sebesar Rp28.000 per bulan diperolehnya, namun jelas, uang tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan hidupnya. 

Hingga dirinya wafat, ia memilih menetap di Jakarta dan bersikeras tidak Kembali pulang lantaran tak ingin merepotkan anak-anaknya. Ia meninggal pada 1985 di usia 70 tahun di kawasan kumuh di dekat Stasiun Juanda, Jakarta.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: