8 Peristiwa Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945

8 Peristiwa Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945

Perang dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia --

RADARMUKOMUKO.COM - Walau proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 sudah diumumkan, namun bukan berarti Indonesia telah bebas sepenuhnya dari penjajahan. Banyak peristiwa besar yang terjadi setelahnya, karena Belanda bersama sekutunya belum rela Indonesia menjadi negara Merdeka.

BACA JUGA:Perang Puputan Margarana, Pertempuran Sampai Titik Darah Terakhir Melawan Belanda

Pertempuran terjadi di berbagai tempat dan pihak Belanda dan Sekutu masih berupaya memecah belah bangsa Indonesia dengan bermacam cara.

Berikut ini 8 peristiwa setelah kemerdekaan indonesia:

1. Insiden Hotel Yamato

Insiden ini diawali oleh tindakan beberapa orang Belanda yang mengibarkan bendera Belanda (merah-putih-biru) di tiang bendera Hotel Yamato. 

BACA JUGA:Perang Kedondong, Pasukan Ulama, Santri, Pemuda, Petani Hingga Buruh Bikin Belanda Pontang Panting

Tindakan tersebut menimbulkan kemarahan rakyat Surabaya. Mereka mendatangi hotel itu dan berusaha menurunkan bendera tersebut

2. Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya diawali dengan kedatangan Brigade 49/Divisi India ke-23 tentara Sekutu di bawah komando Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby pada 25 Oktober 1945 di Surabaya. 

Pada tanggal 10 November 1945, tentara Inggris melakukan serangan besar yang melibatkan 30.000 pasukan, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

3. Pertempuran Lima Hari di Semarang

Pada tanggal 14 Oktober 1945, tersiarnya kabar bahwa Jepang telah meracuni cadangan air minum di Candi, Semarang. Dokter Karyadi selaku kepala laboratorium pusat Rumah Sakit Rakyat memberanikan diri untuk memeriksa air minum tersebut. 

BACA JUGA:Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Perang Terbesar dengan Semangat Militan Pemuda Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: