Perahu Bidar Wisata Sungai Musi Kota Palembang Digelar Setiap HUT RI, Kisahnya Merebutkan Dayang Merindu

Perahu Bidar Wisata Sungai Musi Kota Palembang Digelar Setiap HUT RI, Kisahnya Merebutkan Dayang Merindu

Perahu Bidar Wisata Sungai Musi Kota Palembang Digelar Setiap HUT RI, Kisahnya Merebutkan Dayang Merindu--

Lomba ini menampilkan kekompakan, kecepatan, dan keindahan gerak para pendayung yang berlomba untuk mencapai garis finish terlebih dahulu.

Lomba ini juga menampilkan keanekaragaman budaya dan kreativitas masyarakat Palembang, yang menghias perahu mereka dengan berbagai tema dan warna.

BACA JUGA:Cicipi Pindang Pegagan Makanan Khas Sumatera Selatan yang Menggetarkan Lidah

Selain itu, lomba ini juga menjadi ajang silaturahmi dan persaudaraan antara berbagai kelompok dan komunitas yang ikut berpartisipasi.

Lomba perahu bidar memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut sejarawan Kemas AR Panji, lomba ini pertama kali digelar pada tahun 1898, saat merayakan ulang tahun Ratu Wilhelmina dari Belanda.

Saat itu, para bangsawan Palembang mengadakan perlombaan perahu bidar sebagai bentuk hiburan dan penghormatan kepada penguasa kolonial.

Lomba ini kemudian dilanjutkan setiap tahun oleh masyarakat Palembang sebagai bentuk pelestarian budaya dan tradisi.

Lomba ini juga lekat dengan cerita rakyat Dayang Merindu atau Daya Rindu, seorang putri cantik yang diperebutkan oleh dua kesatria.

BACA JUGA:Tradisi Niduke Tujuh Jando Palembang, Masuk Rumah Baru Bukan Sembarang Janda Tapi..

Dalam cerita tersebut, kedua kesatria tersebut bersaing dalam lomba perahu bidar untuk memperebutkan hati Dayang Merindu. Siapa yang menang dalam lomba tersebut, berhak untuk meminang Dayang Merindu sebagai istri.

Tahun ini, lomba perahu bidar akan digelar pada tanggal 19 Agustus 2023, di Sungai Musi depan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Lomba ini akan diikuti oleh 17 kabupaten/kota di provinsi Sumatera Selatan, dengan jumlah peserta sebanyak 9 tim.

Lomba ini akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan dihadiri oleh beberapa artis ibukota seperti Irma Darmawangsa, Zacky Kapten, Glow Rossa, Kopral Jono, Seven Kiss, Ikki Reborn, Kamsul A Harla ft Sachet Band, Trio Afi.

Selain lomba perahu bidar, akan ada juga parade perahu motor hias yang akan digelar pada tanggal 20 Agustus 2023.

Parade ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada para wisatawan bahwa nenek moyang masyarakat Palembang dulu menggunakan perahu sebagai alat transportasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: