Inilah Asal Usul dan Sejarah Kerja Paksa yang Dilakukan Oleh Para Penjajah Belanda Sebelum Indonesia Merdeka

Inilah Asal Usul dan Sejarah Kerja Paksa yang Dilakukan Oleh Para Penjajah Belanda Sebelum Indonesia Merdeka

Inilah Asal Usul dan Sejarah Kerja Paksa yang Dilakukan Oleh Para Penjajah Belanda Sebelum Indonesia Merdeka--

RADARMUKOMUKO.COM - Sebelum resmi merdeka pada 17 Agustus 1945, Indonesia telah mengalami banyak sekali peristiwa kelam yang terjadi pada masa penjajahan.

Salah satu masa terkelam yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia di masa penjajahan adalah saat penjajahan Belanda melakukan sistem kerja paksa atau yang disebut dengan kerja rodi.

Kerja rodi sendiri muncul setelah Louis Napoleon, Raja Belanda saat itu yang ditunjuk oleh kaisar Perancis Napoleon Bonaparte untuk memerintahkan Hermann Willem Daendels menjadi gubernur jenderal di Hindia Belanda pada 1 Januari 1808.

BACA JUGA:Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Perang Terbesar dengan Semangat Militan Pemuda Surabaya

Melansir dari katadata.co.id, kebijakan yang dikeluarkan oleh Deandels diantaranya adalah melakukan penyerahan hasil bumi milik rakyat.

Saat itu, rakyat di paksa untuk menjual hasil bumi nya kepada pemerintah kolonial Belanda dengan harga yang sangat murah.

Tak hanya itu, rakyat juga diwajibkan untuk menanam dan merawat kopi serta tanaman tanaman lain yang dapat dijual mahal di tanah Eropa.

Kemudian, Daendels juga membuat kebijakan untuk menambah jumlah tentara yang diambil dari pribumi untuk membangun pabrik senjata di Surabaya dan Semarang.

BACA JUGA:Menjelajah Keindahan Pulau Morotai, Pulau yang Pernah Menjadi Sarang Militer Pada Perang Dunia ke-2

Kemudian, para orang pribumi tersebut juga di paksa untuk membangun pangkalan armada di Anyer dan Ujung Kulon, membangun jalan raya pos sepanjang 1000 km serta membangun benteng benteng pertahanan.

Semua pembangunan infrastruktur tersebut dilakukan oleh para tenaga kerja paksa atau kerja rodi.

Di sinilah rakyat pribumi yaitu rakyat Indonesia di paksa untuk bekerja secara terus menerus dengan upah yang minim bahkan tanpa upah sekalipun.

Adapun sistem kerja rodi yang dilakukan pada masa itu merupakan sistem kerja budak di mana para pekerja di paksa untuk bekerja di bawah tekanan oleh sekelompok orang yang relatif besar atau pemerintah.

BACA JUGA:Sejarah Konflik Bersenjata Indonesia dengan Malaysia, Menyebabkan Perang Dingin di Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: