Dinas Perikanan Mukomuko Fasilitasi Poklahsar Pelajari Sistem Pengolahan Ikan Asap di Padang

Dinas Perikanan Mukomuko Fasilitasi Poklahsar Pelajari Sistem Pengolahan Ikan Asap di Padang

Dinas Perikanan Mukomuko Fasilitasi Poklahsar Pelajari Sistem Pengolahan Ikan Asap di Padang --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten MUKOMUKO terus berupaya memacu pertumbuhan ekonomi melalui program pemberdayaan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan membuka peluang kerja baru bagi kelompok usaha masyarakat.

Kali ini giliran pemberdayaan 25 anggota kelompok pengolah dan pemasaran (Poklahsar) ikan yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko. 

BACA JUGA:Peduli Disabilitas, Dinsos Berikan Bimbingan Sosial

Pada Selasa hingga Rabu, 8 hingga 9 Agustus 2023 kemarin, 25 orang anggota Poklahsar tersebut difasilitasi oleh Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko untuk belajar, menimba ilmu pengetahuan dan teknis mengolah ikan di salah satu tempat usaha pengolahan yang dikategori telah tumbuh, berkembang dan maju.  

Sebut saja, usaha pengolahan ikan Sipujuk Farm. Sebuah usaha yang bergerak mulai dari bidang budidaya perikanan, hingga pengolahan ikan asap dan pemasangan di Jalan Ikua Koto, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). 

Di tempat ini, para anggota Poklahsar Mukomuko diberi pengetahuan tentang tata cara mengolah ikan lele dan patin asap hingga ke proses pemasarannya.


Dinas Perikanan Mukomuko Fasilitasi Poklahsar Pelajari Sistem Pengolahan Ikan Asap di Padang--

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP., M.Si mengungkapkan, pembinaan dan pemberdayaan kelompok perikanan termasuk kelompok pengolahan dan pemasaran ikan merupakan komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja baru. Ini sesuai dengan komitmen Bupati Mukomuko, yang memiliki cita-cita besar akan kemajuan ekonomi masyarakat sesuai dengan bidangnya.  

BACA JUGA:Bincang Persiapan Liga AAFI Nasional 2023 U-16, AFM Mukomuko Kembali Agendakan Latihan Rutin

‘’Pembangunan tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga dalam hal non fisik melalui peningkatan sumber daya manusia. Sesuai dengan arahan Bupati Mukomuko, kali ini kami membawa anggota Poklahsar Mukomuko untuk mempelajari sistem pengolahan ikan asap atau ikan salai. Mengingat di Kabupaten Mukomuko memiliki potensi besar di bidang pengolahan ikan asap ini,’’ kata Eddy Aprianto. 

Butuh Bantuan dan Dukungan Peralatan Usaha

Dari hasil pelatihan 2 hari di Kota Padang, para pelaku usaha kelompok pengolah dan pemasaran ikan Kabupaten Mukomuko juga berharap dorongan dan dukungan dari pemerintah daerah, berupa peralatan. 

Dikatakan Eddy Aprianto, seiring dengan potensi yang ada, para Poklahsar ini juga berharap adanya dukungan sarana peralatan pengolahan ikan asap. Berupa open tempat pengasapan. 

BACA JUGA:Polres Mukomuko Sosialisasi Bahaya Narkoba Libatkan Pelajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: