Rendahnya Ruang Kompertemen dan Cacatnya Desain, Penyebab Tengelamnya Kapal Tetanic

Rendahnya Ruang Kompertemen dan Cacatnya Desain, Penyebab Tengelamnya Kapal Tetanic

Ini Alasan Mengapa Titanic Tidak Dibuat Ulang Lagi, Sejak Peristiwa Tenggelamnya Kapal Tersebut--

RADARMUKOMUKO.COM - Titanic adalah kapal terbesar dan termewah yang pernah dibangun pada masanya. 

Kapal ini memiliki panjang hampir 900 kaki, tinggi 25 lantai, dan berat 46.000 ton. 

Dengan desain dan teknologi terkini, termasuk 16 kompartemen kedap air utama di bagian bawahnya yang dapat dengan mudah ditutup jika lambungnya bocor,  makaTitanic dianggap sebagai kapal yang tidak bisa tenggelam. 

Menurut pembuatnya, bahkan dalam kecelakaan terburuk di laut, dua kapal bertabrakan, Titanic akan tetap mengapung selama dua sampai tiga hari, yang akan memberikan waktu cukup untuk kapal-kapal terdekat membantu.

BACA JUGA:Ilmu Mistik Warisan Suku-Suku Paling Mematikan di Dunia, Nomor 5 Menakutkan

Namun, pada tanggal 14 April 1912, Titanic menabrak gunung es raksasa dan tenggelam dalam waktu kurang dari tiga jam. 

Tabrakan itu merusak hampir 300 kaki dari lambung kapal, yang memungkinkan air membanjiri enam dari 16 kompartemen kedap air utamanya. 

Kapal ini sedang dalam pelayaran perdananya ke Amerika Serikat, membawa lebih dari 2200 penumpang dan awak, ketika ia karam. Hanya 705 dari mereka yang berhasil mencapai selamat.

Setelah apa yang tampaknya seperti tabrakan kecil dengan gunung es, kapal terbesar yang pernah dibangun tenggelam dalam sebagian kecil dari waktu yang diperkirakan untuk kecelakaan terburuknya di laut. 

Tujuan dari berita ini adalah untuk menjelaskan kegagalan material dan cacat desain yang menyebabkan tenggelamnya Titanic dengan cepat. Secara khusus, retak rapuh baja lambung, gagalnya paku keling, dan kekurangan kompartemen kedap air akan dianalisis.

BACA JUGA:Ubah Logo Twitter Menjadi X, Elon Musk Berpotensi Bakal Digugat

Salah satu cacat desain utama Titanic adalah tinggi kompartemennya. 

Kompartemen adalah sekat-sekat tegak yang diposisikan di dalam lambung untuk mencegah pelanggaran dari membanjiri seluruh kapal. 

Seperti kapal-kapal sebelumnya, kompartemen Titanic tidak mencapai geladak di atasnya, hanya meluas 10 kaki (3 meter) di atas permukaan air. Hal ini berarti bahwa jika air naik lebih tinggi dari tinggi kompartemen, ia akan meluap ke kompartemen lain. Inilah yang terjadi ketika Titanic menabrak gunung es. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: