Gunung Dempo "Batuk-Batuk", Dihuni Manusia Harimau Hingga Keajaiban Suara Adzan

Gunung Dempo

Gunung Dempo Erupsi dan Kisah Misteri-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM - Gunung Api Dempo Pagar Alam, Sumatera Selatan mengalami erupsi "Batuk-batuk". Selasa, 25 Juli 2023, letusan gunung menyemburkan debu mencapai kurang lebih kurang 2.000 meter dari atas pucak gunung, bahkan terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 204 detik. 

Terkait dengan ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberi himbauan pada masyarakat untuk waspada dan tidak memasuki radius bahaya 1 km hingga 2 km.

Untuk status Gunung Api Dempo masih level 2 atau waspada.

BACA JUGA:Gunung Padang Dikaitkan dengan Situs Peninggalan Kerajaan yang Hilang di Wilayah Atlantis, Ini Ciri-cirinya

BACA JUGA:Suku Sherpa, Suku Terkuat di Dunia dan Teman Pendaki Gunung Everest

Gunung dempo yang berada di Sumatare Selatan ini, termasuk gunung yang menjadi favorit para pendaki atau pecinta wisata alam. 

Ketinggian gunung dempo mencapai 3.173 diatas permukaan laut dan menjadi salah satu gunung tertinggi ke 3 di Sumatera setelah Kerinci dan Leuser. 

Untuk diketahui, Gunung Api Dempo memiliki dua puncak, yakni Puncak Dempo dan Puncak Merapi. Di antara puncak gunung ada tempat yang bisa digunakan untuk mendirikan kemah bagi pengunjung dengan pemandangan yang menakjubkan.

Kawasan wisata Gunung Dempo juga dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta dan komoditi teh dengan kualitas ekspor. Berada di dataran tinggi, destinasi wisata ini menyajikan udara yang segar dan sejuk.

Yang juga paling menarik adalah wisata Kebun teh di kawasan wisata ini terhampar di lereng Gunung Dempo

Luasnya kebun teh ini sekitar 1.523 hektare (ha).

Disana juga ada wisata air terjun, danau dan dipastikan memiliki fasilitas wisata seperti penginapan untuk wisatawan. 

Satu hal lagi yang membuat penasaran banyak orang, Gunung Dempo memiliki berbagai cerita mitos dan mistis seperti gunung-gunung lainnya. 

Diantara cerita mitos gunung dempo dilansir dari pagaralampos.disway.id yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: