Tradisi Menyeramkan Suku - Suku di Indonesia, Bikin Merinding

Tradisi Menyeramkan Suku - Suku di Indonesia, Bikin Merinding

Salah satu tradisi menyeramkan, Ma’Nene Toraja, Ritual Membersihkan dan Menggangi Pakaian Mayat-Istimewa-

RADARMUKOMUKO.COM - Sebagai negara kepualaun, indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan keanekaan tradisi dan budayanya. Umumnya tradisi masing-masing suku dan daerah sangat unik, menarik dan ini sudah menjadi ciri khas bangsa.

Namun selain unik dan menarik, juga ada tradisi yang cukup menyeramkan bagi orang luar suku tersebut. Mulai dari tradisi pernikahan, berhubungan lawan jenis, terkait pemakaman dan sebagainya. 

BACA JUGA:Suku Mangaia, Gadis Dianjurkan Punya Banyak Pasangan Terutama Pria Usia 13 Tahun

Beberapa suku yang terbilang sadis sudah ditinggalkan oleh masyarakatnya, namun sejarahnya tetap terus dikenang.

Berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber, inilah tradisi yang terkesan seram dan bikin merinding di Indonesia:

Tradisi Memotong Jari dari Suku Dani Papua

Suku Dani adalah salah satu suku di bagian timur Indonesia yang mempunyai tradisi cukup mengerikan. Jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia, suku ini akan memotong jari mereka sebagai bentuk rasa duka dan sebagai upaya untuk mencegah malapetaka tidak terjadi kembali dalam keluarga yang berduka.  

Menurut kepercayaan suku Dani, jari mempunyai arti yang cukup merinding. Mereka menganggap bahwa jari tangan adalah simbol dari kerukunan, ketekunan, dan kesatuan manusia dalam bekerja. 

BACA JUGA:Mengenal Suku Polahi, Anti Penjajah, Terasing dan Tradisi Kawin incest

Itulah mengapa, jari menjadi bagian tubuh yang sesuai untuk menggambarkan kehilangan dalam kesatuan keluarga. Alat yang biasa dipakai untuk memotong jari umumnya memakai kapak atau parang, ada juga yang menggigit ruas jari sampai putus. 

Saat ini, suku Dani sudah mulai meninggalkan ritual tersebut karena masyarakatnya sudah mulai mengenal Tuhan dan agama. Saat ini, hanya tinggal sejumlah orang yang jarinya terpotong karena melakukan tradisi tersebut di masa lalu. 

Mas Kawin Kepala Manusia

Pernikahan tentunya menjadi momen yang paling bahagia bagi sepasang kekasih. Biasanya yang menarik dari pernikahan adalah acara pra penikahan, seperti memilih mas kawin yang akan diberikan dari pihak calon suami kepada calon istri.

Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan mas kawin yang indah dan memorable bagi sang mempelainya. Namun, ternyata terdapat mas kawin yang menyeramkan yaitu mas kawin kepala manusia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: