7 Rumpun Suku Dayak, Kunjungi Nomor 5 Dijamu Minuman Tuak

7 Rumpun Suku Dayak, Kunjungi Nomor 5 Dijamu Minuman Tuak

7 Rumpun Suku Dayak, Kunjungi Nomor 5 Dijamu Minuman Tuak--

RADARMUKOMUKO.COM - Sama halnya dengan suku-suku lainnya, Suku Dayak Kalimantan juga ternyata memiliki beberapa subsuku. Sebutan Dayak untuk mempersatukan berbagai sub suku dari kelompok yang juga dikenal dengan orang-orang yang berasal dari Hulu Sungai atau yang tinggal di bukit ini.

Suku Dayak terdiri dari 7 rumpun suku berdasarkan asal daerahnya. Dari ketujuh daerah tersebut, terdapat 405 sub-suku dengan bahasa yang berbeda satu sama lain. 

BACA JUGA:Pernah Kalahkan Suku Dayak, Suku Kalang Ternyata 'Punya Ekor'

Selain bahasa yang berbeda, dialek atau logat untuk satu bahasa yang sama juga bisa sangat beragam jika berbeda kampung.

Seperti dibahas sebelum-sebelumnya, beberapa suku dayak ini cukup dikenal dengan tradisi dan sejarah masa lampaunya. Salah satunya kebiasaan memenggal kepala musuh.

BACA JUGA:Suku Naulu, Hutan Keramat dan Tradisi Penggal Kepala Orang

Dirangkum dari berbagai sumber salah satunya hipwee.com, berikut 7 rumpun suku dayak yang cukup terkenal. 

1. Dayak Ngaju

Dayak Ngaju (Biaju) merupakan Dayak yang bermukim di daerah aliran sungai Kapuas, Kahayan, Rungan Manuhing, Barito dan Katingan atau di daerah Kalimatan Tengah, Kalimatan Selatan, serta Kalimantan Barat bagian selatan. 

Dayak Ngaju memiliki sub-suku Ngaju, Bakumpai, Katingan, Meratus, Tomun dan lainnya.

Ciri khas dari Dayak Ngaju adalah agama kaharingan yang masih dianut oleh sebagian suku Ngaju, serta upacara Tiwah, atau upacara mengantarkan roh leluhur. 

Untuk pakaian adat, Dayak Ngaju biasanya menggunakan warna merah sebagai warna dominan, kain atau rompi dari kulit kayu, serta menggunakan bulu burung enggang dan ruai sebagai hiasan kepala.

2. Dayak Murut

Darat Murut merupakan rumpun Dayak yang berasal dari derah utara dataran tinggi pulau Kalimantan. Dayak Murut tersebar di daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sabah, Sarawak, dan Brunei. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: