Masuk Ruang AC Memang Sejuk dan Dingin, Tapi Jadi Meriang Serta Batuk, Ternyata Ini Salahnya

Masuk Ruang AC Memang Sejuk dan Dingin, Tapi Jadi Meriang Serta Batuk, Ternyata Ini Salahnya

Masuk Ruang AC Memang Sejuk dan Dingin, Tapi Jadi Meriang Serta Batuk, Ternyata Ini Salahnya --

RADARMUKOMUKO.COM - Anda mungkin sering merasa sejuk dan nyaman saat berada di ruangan ber-AC, terutama di musim panas. 

Namun, tahukah Anda bahwa posisi AC yang salah bisa membahayakan kesehatan Anda? Sebuah penelitian terbaru dari Universitas Texas A&M, Amerika Serikat, mengungkap fakta mengejutkan tentang dampak negatif AC bagi tubuh manusia.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Indoor Air ini melibatkan 20 orang sukarelawan yang dibagi menjadi dua kelompok. 

BACA JUGA:Yang Doyan Makan Sayur Kangkung Harus Tau, Efek Sampingnya Bisa Bikin Meninggoy, Yakin Masih Mau Makan?

Kelompok pertama ditempatkan di ruangan dengan AC yang mengarahkan udara dingin langsung ke wajah mereka, sedangkan kelompok kedua ditempatkan di ruangan dengan AC yang mengarahkan udara dingin ke atas. Kedua kelompok ini diamati selama empat jam.

Hasilnya, kelompok pertama mengalami peningkatan gejala peradangan dan infeksi saluran pernapasan, seperti hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit tenggorokan, dan demam. Sementara itu, kelompok kedua tidak mengalami gejala tersebut.

Menurut para peneliti, dikutip dari www.msn.com hal ini disebabkan oleh perubahan suhu dan kelembaban di saluran pernapasan akibat udara dingin yang langsung mengenai tubuh atau wajah. 

BACA JUGA:UMKM Bisa Pinjam KUR BSI Hingga Rp 500 Juta, Ini Ketentuannya

Perubahan ini bisa memicu reaksi inflamasi dan infeksi di selaput lendir saluran pernapasan. Selain itu, udara dingin juga bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko alergi.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar pengguna AC memperhatikan posisi dan arah hembusan udara dingin agar tidak langsung mengenai tubuh atau wajah. 

Cara ini bisa membantu mencegah gangguan kesehatan akibat AC. Selain itu, pengguna AC juga disarankan untuk membersihkan filter AC secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan timbul penyakit.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: