Jamaah Haji Indonesia Dikabarkan Banyak Pingsan? Ini Penjelasan TPHI

Jamaah Haji Indonesia Dikabarkan Banyak Pingsan? Ini Penjelasan TPHI

Jamaah Haji Indonesia Dikabarkan Banyak Pingsan? Ini Penjelasannya --

MEKAH, RADARMUKOMUKO.COM – Usai melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah.  Jamaah Haji (JH) Indonesia dikabarkan sempat terjebak antrean bus angkutan di Muzdalifah, Arab Saudi. Jamaah sempat menunggu belasan jam, hingga dikabarkan ada sebagian yang mengalami kelelahan, hingga pingsan dan jatuh sakit. 

Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko Feri Irawan, S.HI ketika dihubungi, membenarkan hal tersebut. Kejadian ini ketika para jamaah haji Indonesia ingin berangkat menuju Mina untuk melaksanakan mabit (bermalam) di Mina.  

BACA JUGA:Ini Dia Beragam Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Daerah di Indonesia

‘’Sesuai jadwal, seharusnya sebelum Subuh jamaah haji sudah masuk tenda di Mina. Disebabkan terjebak antrean bus angkutan, jamaah baru sampai di Mina ketika telah masuk waktu Zuhur,’’ ungkap Feri Irawan.

Pihaknya tidak menepis adanya jamah haji yang mengalami sakit dan jatuh pingsan ketika antrean menunggu bus angkutan di Muzdalifah. Menurut Feri, kejadian ini berkemungkinan besar dikarenakan kelelahan, sebab energi para jamaah mulai terkuras sejak menunaikan ibadah rukun haji, mulai dari wukuf di Padang Arafah. 

BACA JUGA:Ini Dia Jenis-jenis Hewan Kurban yang Boleh Disembelih Saat Idul Adha

‘’Tempat menunggu antrean bus ke Mina hanya hamparan, tanpa didukung ruang atau tempat berteduh dari teriknya suhu di Makkah mencapai 45 hingga 46 derajat,’’ ujarnya.* 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: