Mengenal Kedatangan 7 Suku Pendatang, Menjajah Hingga Menyebar Agama

Mengenal Kedatangan 7 Suku Pendatang, Menjajah Hingga Menyebar Agama

Mengenal Kedatangan 7 Suku Pendatang, Menjajah Hingga Menyebar Agama-Dok-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Selain memiliki 1.340 suku bangsa yang tersebar hampir di seluruh wilayah. Idonesia, diketahui juga dihuni oleh suku pendatang.

Mereka adalah masyarakat keturunan dari berbagai belahan dunia.

Walau dilabel suku pendatang, namun pada dasarnya mereka adalah anak bangsa asli Indonesia yang sudah tinggal berabad-abad, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Peran mereka terhadap bangsa ini juga cukup besar.

BACA JUGA:Mengenal Suku Betawi, Campuran Arab Hingga Bali, Memiliki Jiwa Sosial Tinggi

Disebut pendatang, karena mereka merupakan warga keturunan dari berbagai suku negara yang datang ke Indonesia dan menetap menjadi masyarakat Indonesia.

Kehadiran ektik pendatang ini sendiri didasari beberapa hal, mudali dari saat penjajahan, berinvestasi hingga menyebar agama.

Berikut diantara suku-suku pendatang yang paling signigikan di Indonesia dilansir dari wikipedia:

Tionghoa

Etnik asing minoritas paling signifikan di Indonesia, Orang Tionghoa-Indonesia. Etnik Tionghoa sudah menghuni Indonesia sejak abad ke-15 dengan gelombang signifikan pada abad ke-18 dan ke-19 dengan jalur kegiatan perniagaan yang kemudian berpengaruh besar pada kegiatan perdagangan dan perekonomian di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Suku Tersohor Disegani di Indonesia, Nomor 2 dari Pulau Sumatera

Sebagian besar orang Tionghoa terkonsentrasi dalam suatu wilayah yang bernama 'Pecinan' di beberapa provinsi di Indonesia seperti Jakarta, Sumatra Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

Arab

Secara historis, kedatangan bangsa Arab di Indonesia untuk menyebarkan agama Islam. Banyak yang berasimilasi dengan etnis lokal seperti Betawi, Melayu, Aceh, Minangkabau, Jawa, dan Sunda; namun, beberapa kota di Indonesia memiliki populasi Arab yang signifikan yang melestarikan budaya dan identitas mereka, disebut dengan 'Kampung Arab'. 

Daerah ini tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia, jumlah yang signifikan dapat ditemukan di Banda Aceh, Padang, Medan, Jakarta, Banten, Bogor, Semarang, Surabaya, Gresik, Banyuwangi, dan banyak kota-kota pesisir lainnya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: