Mengenal Suku Batak Memiliki Hampir 500 Marga

Mengenal Suku Batak Memiliki Hampir 500 Marga

Mengenal Suku Batak Memiliki Hampir 500 Marga-Dok-Berbagai sumber

BACA JUGA:4 Suku Utama, Sumbar Miliki 72 Suku dan 12 Suku di Negeri Sembilan Malaysia

Orang Batak juga menganut paham patrilineal yaitu paham garis keturunan bapak sehingga jika terdapat seorang anak dari Suku Batak yang lahir maka akan mengikut marga dari sang ayah.

Penting untuk diketahui, hingga saat ini terdapat hampir 500 marga Suku Batak. Sehingga setiap Puak memiliki banyak marga.

Bagi orang Batak, sangat penting untuk mengetahui asal-usul atau dari keturunan mana orang tersebut berasal.

Untuk mengetahui hal ini Suku Batak menggunakan Tarombo atau silsilah garis keturunan.

Dengan menggunakan Tarombo, maka akan diketahui dari garis keturunan mana seseorang berasal dan bagaimana posisinya pada marga tersebut serta dapat dirunutkan juga asal-usul keturunan orang tersebut hingga sampai pada si Raja Batak.

BACA JUGA:8 Suku Asli Sumatera Utara, Salah Satunya Enggan Disebut Orang Batak

Bahasa Batak terbagi ke dalam beberapa logat tergantung dari Puak mana ia berasal. Macam-macam logat yang dimiliki Suku Batak. Logat Karo, digunakan oleh Suku Batak Karo, Logat Pakpak, digunakan oleh Suku Batak Pakpak, Logat Simalungun, digunakan oleh Suku Batak Simalungun dan Logat Toba, digunakan oleh Suku Batak Toba, Angkola, dan Mandailing.

Perlu diketahui pula, rumah adat Suku Batak dinamakan Rumah Bolon. Rumah Bolon bila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “rumah besar” yang merupakan suatu penggambaran dari rumah Bolon yang memang berukuran besar yaitu memiliki panjang sekitar 10-20 meter.

Dilihat dari jenisnya, rumah Bolon termasuk ke dalam jenis rumah panggung dengan ketinggian dua meter dimana baik penyangga atau pun dindingnya terbuat dari kayu.

BACA JUGA:Dari 8 Suku Asli Sumatra Utara Satunya Mengaku Bukan Orang Batak Berikut Alasannya

Keunikan rumah Bolon terletak pada dindingnya yang miring, dimana semakin ke atas akan semakin lebar. Serta pada bagian atas dinding dihiasi oleh ornamen ukiran khas Sumatera utara. Selain itu Keunikan lainnya adalah anak tangga yang dibuat untuk menuju pintu masuk dibuat dalam jumlah yang selalu ganjil.

Begitulah sepintas tentang suku batak yang cukup legendaris dilansir dari berbagai sumber. Mudahan informasi ini membah pengetahuan terkait dengan suku batak. Jika ada kekeliruan dan kesalahan akan diperbaiki di konten berikutnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: