Bangga! Mata Uang Rupiah Raih Penghargaan Top Dunia, Penghargaan Apa Itu?

Bangga! Mata Uang Rupiah Raih Penghargaan Top Dunia, Penghargaan Apa Itu?

Ilustrasi Uang Rupiah-- pixabay

RADARMUKOMUKO.COM – Uang Rupiah yang terbit pada tahun 2022 lalu baru saja berhasil meraih penghargaan dari Internasional Association of Currency Affairs (IACA).

Mata Uang Rupiah Berhasil meraih penghargaan Best New Banknote Series pada Currency Award ke 17 tahun 2023 di Meksiko.

BACA JUGA:UTBK-SNBT 2023 Gelombang II Dimulai, Para Peserta Jangan Melanggar Aturan Ini

Uang Rupiah Pecahan Rp 100.000, Rp. 50.000, Rp. 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000 berhasil meraih posisi lertama dan menggeser mata uang tunai lain dari Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan masih banyak lagi.

Kabar tersebut diakui oleh Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim. Ia mengungkapkan bahwa dengan didapatnya penghargaan ini bisa menjadi jalan bagi rupiah untuk dapat diakui oleh dunia.

BACA JUGA:Uang Kertas Nomer Seri Cantik, Dibeli Kolektor Jutaan Rupiah, Dengan Catatan Begini

“Terdapat 11 Negara termasuk Indonesia yang menjadi nominee. Kemudian dipilij 5 negara finalis. Dari 5 negara finalis ini Indonesia dinobatkan sebagai pemenang,” kata Marlison.

Selain itu, ia juga menjelaskan untuk unsur penilaian pemenang sendiri ditentukan melalui beberapa kriteria yang mencakup inovasi serta keunikan fitur keamanan.

Selain itu, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta design uang kertas juga tak luput dari penilaian.

BACA JUGA:Koin 100 Rupiah Gambar Rumah Gadang Seharga Motor, Jualnya di Sini

Pencapaian yang didapat dari uang Rupiah Tahun Edisi 2022 ini merupakan salah satu bentuk afirmasi dunia internasional atas kualitas uang Rupiah Indonesia.

Kesuksesan tersebut merupakan kelanjutan dari pencapaian sebelumnya yang diraih oleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indknesia pecahan Rp 75.000 sebagai finalis Best Commemorative pada Currency Award tahun 2022.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: